Alergi Debu Dalam Rumah

Sahmitra.com – Sebuah bangunan ataupun rumah yang kita tinggali tentu terdapat banyak debu walaupun kita rajin dan sering membersihkannya. Alergi debu dalam rumah salah satu penyebab beberapa jenis penyakit yang akan menimpa para penghuninya.

Karena alergi debu dalam rumah merupakan kumpulan dari berbagai macam zat seperti serpihan sel kulit mati, spora jamur, sisa bangkai kecoa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagai pemilik rumah anda harus memperhatikan kebersihan lingkungan rumah anda sendiri. Jangan pernah menganggap remeh alergi debu dalam rumah anda.

Bersama artikel ini sahmitra.com akan memberikan tips bagaimana caranya menghindari alergi debu dalam rumah anda agar selalu bersih dan sehat. Karena kesehatan adalah harta utama manusia.

Cara Menghindari Alergi Debu Dalam Rumah

1. Pemasangan Lukisan Atau Foto

Memang suatu hal yang umum untuk pemasangan lukisan atau pun foto-foto keluarga sebagai salah satu keindahan pada rumah. Tetapi satu hal yang harus diingat adalah jangan terlalu berlebihan pemasangan lukisan ataupun foto-foto keluarga anda. Banyak studi mengatakan bahwa debu-debu yang berkumpul atau menumpuk pada suatu lukisan dan foto penyebab alergi debu dalam rumah setiap penghuninya. Selain itu hindari memajang buku-buku diluar, alangkah baiknya bila disimpan dalam lemari.

2. Tanaman Rumput.

Pada umumnya tanaman rumput maupun segala jenis tanaman hanya terdapat pada diluar rumah yang biasa digunakan pada halaman untuk menambah suasana indahnya rumah kita. Namu pada kenyataannya adalah banyak sebagian orang menghiasi isi rumahnya dengan memberikan tanaman-tanaman didalam rumah. Walaupun mereka menggunakan pot sebagai tempat agar tanah tidak berserakan. Tetapi harus diketahui juga bahwa tanah yang lembab tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya jamur. Sehingga alergi debu dalam rumah pun masih akan bisa terjadi dengan penyebaran dari jamur tersebut apabila mengering dan berterbangan didalam rumah.

3. Menyimpan barang diatas lemari.

Kebiasaan umum kebanyakan orang adalah menyimpan beberapa barang-barang yang belum dibutuhkan diletakkan diatas lemari. Alasannya agar lebih mudah saat mencarinya apabila sedang membutuhkannya. Tanpa kita sadari alergi debu dalam rumah disebabkan oleh menumpuknya debu di atas lemari tersebut yang memang jarang kita sentuh atau kita bersihkan.

Baca Juga: Sistem One Way

4. Menyalakan Kipas Angin

alergi debu dalam rumah juga bisa disebabkan oleh kotoran atau debu yang berterbangan karena kipas angin yang meniupnya. Oleh karena itu apabila sedang membersihkan setiap ruangan agar tidak menyalakan kipas angin untuk mencegah debu yang berterbangan ketempat lain.

5. Perabotan dari kayu atau plastik.

Banyak orang yang mungkin belum mengetahui bahwa bahan kayu dan plastik juga tidak membuat debu-debu menempel. Hanya dari permukaan kayu, kita dapat langsung melihat saat debu mulai terbentuk dan bisa segera menyingkirkannya. Sehingga alergi debu dalam rumah juga bisa dihindari karena berkurangnya debu-debu yang menempel serta menumpuk dari barang-barang tersebut.

Demikianlah beberapa tips dan cara bagaimana menghindari alergi debu dalam rumah yang setiap hari kita huni. Juga sebagai tempat bermain bersama keluarga tercinta kita.