Bangunan Bersejarah Di Indonesia

Kembali lagi bersama kami dengan sah mitra. Kali ini akan kami jelaskan mengenai Bangunan Bersejarah Di Indonesia. Mungkin ada sangat banyak sekali bangunan yang bersejarah kuno yang ada di Indonesia.

Berikut adalah beberapa bangunan bersejarah di Indonesia

1. Candi Prambanan

Bangunan bersejarah yang pertama adalah yang masih lekat dengan legenda roro jonggrang. Candi yang juga dikenal sebagai kompleks seribu candi ini mempunyai banyak sekali candi dengan candi utama dengan tinggi 47 m sebagai tandingan candi Borobudur, sebagai lambing kejayaan agama hindu dan redupnya jaman kerajaan Buddha di Indonesia.

Dalam bangunan bersejarah candi prambanan ini sebagai tempat pemujaan, dewa pelebur yang bisa meleburkan segala ssuatu yang sudah hilang dan tidak pantas berada di dunia fana. .Sehingga harus dikembalikan kepada asalnya. Prambanan terletak di Indonesia jawa tengah yaitu di Yogyakarta. Candi ini tempat situs warisan dunia dari UNESCO, diakui sebagai candi hindu terbesar di Indonesia.

Candi Borobudur

2. Candi Borobudur

Yang kedua adalah sebuah Bangunan Bersejarah Di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Didirikan pada saat raja Samaratungga dari wangsa Syailendra tahun 825 m. Candi Buddha terbesar didunia ini yang di sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu suatu keajaiban dunia dengan memiliki 42m dengan 10 tingkat yang mewakili komadhatu (maunisa yang terikat hawa nafsu), rupadathu (manusia yang terbebas dari hawa nafsu, namun terikat bentuk dan rupa).

Candi Borobudur ini dibangun dengan teknik yang sangat tinggi, terbuat dari batu kali yang tersusun rapi dengan sistem interblock (saling mengunci satu sama lain). Sebagai candi Buddha, Borobudur ini dihiasi dengan 504 patung Buddha, dengan kubah utama dikelilingi dengan 72 patung Buddha yang masing-masing duduk di dalam stupa yang berlubang.

Lawang Sewu

3. Lawang Sewu

Dalam Bahasa jawa lawang sewu ini artinya seribu pintu. Memang dalam bangunan ini mempunyai banyak pintu didalamnya, namun tidak mencapai 1000 pintu dengan seiringnya jaman. Didirikan pada tahun 1907. Lawing sewu ini terletak pada kawasan asia khususnya di negara Indonesia Jawa Tengah. Bangunan dengan tiga lantai berarsitektur Belanda ini sangat unik dan menarik sekai.

Pada lantai utama dekat tangga menuju lantai dua ada sebuah kaca besar dengan lukisan dua wanita belanda yang sangat indah sekali. Inilah sebabnya lawing sewu menjadi tempat wisata dan merupakan Bangunan Bersejarah Di Indonesia yang sangat kuno.

Masjid Istiqal

4. Masjid Istiqal

Bangunan masjid ini juga menjadi cerminan kebersamaan dalam bhinekaan dan keragaman agama di Indonesia. Masjid yang sangat besar di Asia tenggara dan asia timur ini merupakan hasil rancangan seorang tokoh Frederich Silaban seorang protestan. Masjid yang mulai dibangun pada 24 Agustus 1951 dan selesai pengerjaannya pada 22 Febuari 1978 mempunya pola atau gaya tersendiri arsitektur islam modern internasional dengan menerapkan bentuk-bentuk geometri sederhana seperti persgi, kubus dan kubah bola ukuran raksasa yang dihiasi beberapa ornament.

Mungkin diatas adalah beberapa Bangunan Bersejarah Di Indonesia. Mungkin masih banyak lagi bangunan-bangunan yang lainnya dengan sejarahnya masing-masing. Akan tetapi sampai disini kesempatan admin untuk penjelasan maupun informasi diatas. Semoga bisa berguna dan membantu.

Baca Juga : Pengertian Bisnis