Gedung Hemat Listrik Air

Sahmitra.com – Sebuah gedung perkantoran yang terletak di Jl. Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Merupakan gedung hemat listrik air dimana kelebihan ini hanya dimiliki oleh gedung perkantoran Citra Towers milik Ciputra Group. Dari beberapa keterangan bahwa bangunan tersebut dapat menghemat konsumsi listrik sebesar 27 persen dan air bersih 45 persen. bisa dibayangkan apabila semua bangunan dan gedung mempunyai kelebihan seperti ini.

Tower North adalah bangunan pertama kali kuartal pertama 2019 merupakan gedung hemat listrik air ini sudah siap huni. Tinggal menyusul ritel yang berfungsi sebagai jembatan dari North ke Soutrh Tower. Rencananya Podium ritel ini akan menjadi destinasi gaya hidup karena diisi bioskop, kafe, resto dan juga supermarket. Para penyewa yang sudah siap masuk diantaranya adalah jaringan bioskop XXI, Farmer Market, Snap Fitness,Sate Senayan, Bank BCA mungkin akan bertambah lagi kedepannya.

Kelebihan Gedung Hemat Listrik dan Air

Keterangan dari Michael Ade Suwanto yang menjadi Marketing Deputy Manager Citra Towers mengatakan bahwa gedung hemat listrik air ini dapat mengurangi penggunaan listrik pada AC karena menggunakan VRF, sehingga AC dapat dioperasikan sesuai kebutuhan pemiliknya. Kemudian Dinding luar gedung memakai kaca yang sudang di-coating. Sehingga dapat meredam panas matarahi ke dalam unit (45 OTTV glass heat reduction).

Selain itu gedung hemat listrik air masih memerlukan pasokan air bersih dari PDAM  yang memanfaatkan air hujan. dimana air hujan tersebut dikumpulkan pada bak penampungan didalam tanah (Groun Tank) kemudian diolah di Sewage Treatment Plant (STP). Hasil olahannya digunakan untuk Flushing toilet dan menyiram tanaman. Begitu juga air limbah perkantoran diolah di STP.

Baca Juga: Jutaan Rumah Gratis diJepang

Dalam pembangunan gedung hemat listrik air ini Citra Tower juga mengalokasikan 70 persen dari luas lahannya sebesar 1,7 ha. Untuk ruang terbuka hijau. Koefisien dasar bangung (KDB) sudah di izinkan oleh Pemprov DKI Jakarta hanya 30 persen. Developer juga membangun taman untuk umum berupa sabuk hijau (green belt) selebar kavelingnya menghadap ke jalan Benyamin Sueb. Keberhasilan pada konsep Green itu menjadikan penjualan unit di tower North sudah mencapai 80 persen.