Industri Manufaktur

Industri manufaktur adalah sebuah industri yang kegiatan utamanya adalah mengubah bahan baku, komponen atau bagian lainnya. Yang telah menjadi barang jadi memenuhi standar spesifikasi industri manufaktur pada umumnya yang memproduksi dalam skala besar.

Manufaktur sendiri juga merupakan suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual.

Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia, dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi, namun demikian istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri, di mana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala yang besar.

Manufaktur ada dalam segala bidang sistem ekonomi. Dalam ekonomi pasar bebas, manufakturing biasanya selalu berarti produksi secara massal untuk dijual ke pelanggan untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa industri seperti semikonduktor dan baja lebih sering menggunakan istilah fabrikasi dibandingkan manufaktur.

Sektor Industri Manufaktur

Sektor manufaktur sangat erat terkait dengan rekayasa atau teknik. Namun sejak dari dahulu sampai sekarang manusia selalu berusaha memenuhi kehidupannya. Dengan memanfaatkan apa yang disediakan oleh alam. Yang dimana mulai dari tanaman, air, hewan, udara, dan material yang ada diperut bumi.

Semuanya dapat dimanfaatkan secara langsung atau bisa juga melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Pada proses pengolahan inilah suatu bahan mentah yang dapat bertambah manfaat dari industri manufaktur.

Dalam melakukan pengolahan bahan mentah untuk dijadikan sebagai barang jadi diperlukan juga sumber daya lain seperti tenaga manusia, tenaga mesin, dan juga peralatan pendukung. Kegiatan pengolahan ini disebut juga dengan istilah manufaktur dan dimana yang dilakukan dalam skala besar.

Dengan tujuan untuk dijual kemasyarakat luas sehingga mendapatkan sebuah keuntungan dari industri manufaktur. Istilah dari arti manufaktur dapat digunakan dari pengolahan yang dimana sifatnya rentan sederhana sampai yang menggunakan teknologi tinggi. Untuk pengolahan bahan semikonduktor dan baja biasanya digunakan istilah fabrikasi.

Dari istilah tersebut merupakan sebuah kelompokk perusahaan yang melakukan pengolahan bahan mentah yang menjadi suatu jenis barang yang sudah jadi. Dan dapat diproduksi dalam jumlah besar dan dijual kemasyarakat.

Baca Juga : Industri Perekonomian