Investasi dan Pembangunan Ekonomi

Investasi dan Pembangunan Ekonomi

Investasi dan pembangunan ekonomi adalah penanam modal pada suatu perusahaan dalam rangkat untuk menambah barang modal. Dan perlengkapan produksi yang sudah ada agar dapat menambah jumlah produksi. Penanam modal dalam bentuk investasi ini dapat berasal dari 2 sumber yaitu penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal dari luar negeri.

Investasi dan pembangunan ekonomi yang meningkat tiap tahunnya akan menyebabkan penyerapan angkatan kerja yang bekerja. Akan semakin besar karena dengan tingginya investasi maka proses produksi naik dan semakin banyak membutuhkan angkatan kerja yang berkerja.

Namun salah satu faktor untuk menaikan investasi dan pembangunan ekonomi daerah adalah dengan adanya tersedia modal. Dalam bentuk pembangunan yang merupakan faktor penghambat terhadap pertumbuhan ekonomi dari suatu bangsa.

Pada peningkatan investasi juda diyakini memiliki konstribusi sebagai pengungkit terhadap bergeraknya investasi dan pembangunan ekonomi oleh suatu bangsa. Dalam ekonomi makro investasi juga berperan sebagai sebuah komponen dari pendapatan nasional.

Investasi dan Pembangunan Ekonomi Indonesia Meningkat

Namun dengan cara yang sederhana pengaruh investasi terhadap perekonomian suatu negara tercermin dari pendapatan nasional dari negara tersebut. Dan ada juga sebagian ahli ekonomi memandang pembentukan investasi dan pembangunan ekonomi merupakan faktor penting.

Dan dimana yang memainkan peran strategis terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi disuatu negara. Ketika sebuah perusahaan individu atau pemerintah melakuakn investasi maka juga akan ada sejumlah modal yang ditanam.

Pada suatu negara yang akan berkembang secara dinamis jika investasi dan pembangunan ekonomi yang dikeluarkan jauh lebih besar daripada nilai penyusutan faktor produksinya. Namun negara yang memiliki investasi yang lebih kecil daripada penyusutan faktor produksinya akan cenderung mengalami perekonomian yang stagnasi.

Perekonomian negara yang stagflasi sangat dihindari bagi para perencana negara. Untuk itulah formulasi kebijakan ekonomi yang pro investasi didorong untuk terus meningkat guna mengatasi masalah stagnasi, sekaligus membalik pelambatan ekonomi agar pertumbuhan ekonomi terus menggeliat

Meningkatnya investasi akan menjamin kontinuitas pembangunan ekonomi, menyerap tenaga kerja dari menekan kemiskinan, yang muaranya akan memacu perbaikan tingkat kesejahteraan rakyat secara keseluruhan, sebagaimana cita-cita didirikannya suatu negara.

Baca Juga : Investasi Ekonomi