Investasi Ekonomi

Investasi ekonomi adalah sebuah istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan suatu keuangan atau ekonomi. Dari istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan yang mendapatkan sebuah keuntungan untuk masa depan. Namun pada investasi ekonomi juga bisa disebut sebagai penanaman modal.

Berdasarkan investor, investasi ekonomi berarti sebagai pembelian dari suatu modal barang yang tidak dikonsumsi akan tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang. Contohnya seperti membangun rel kereta api atau sebuah pabrik. Namun juga ada fungsi investasi ekonomi pada aspek yang dibagi pada non residential yang dimana seperti pabrik dan mesin. dan juga investaor residential atau yang seperti rumah baru.

Dan ada juga suatu fungsi dari pendapatan dan tingkat bunga yang dilihat dari suatu pertambahan pada pendatangan yang akan mendorong investasi yang lebih besar. Namun dimana tingkat bunga yang lebih tinggi akan menurunkan minat untuk investasi sebagaimana hal tersebut akan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan meminjam uang.

Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Rendahnya Investasi Ekonomi

Pada jumlah investasi yang akan terjadi dalam perekonomian tidaklah selalu menetap. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Karena banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya investasi ekonomi. Faktor faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tingkat keuntungan diramalkan akan diperoleh

Jika semakin besar tingkat keuntungan yang diramalkan akan diperoleh maka akan semakin tinggi investasi ekonomi yang ditanamkan. Maka juga sebaliknya, jika semakin rendah tingkat keuntungan yang diramalkan akan diperoleh maka akan semakin rendah pada investasi yang ditanamkan.

  1. Suku Bunga

Namun ada satu patokan yang digunakan oleh para penanam modal yang dilakukan. Yaitu dengan persentase keuntungan yang diperoleh dari hal tersebut harus lebih besar dari persentase bunga yang sedang berlaku. Persentase bunga disebut juga suka berasal dari suku bunga.

  1. Adanya Kemajuan Ekonomi

Seperti yang anda ketahui pada umunya banyak tekonologi baru yang ditemukan. Akan semakin banyak pula para pengusahauntuk memanfaatkan teknologi tersebut. Dalam proses produksi untuk melaksanakan proses produksi dengan menggunakan teknologi baru. Dengan pengusaha harus membeli mesin baru dan sering kali juga harus mendirikan pabrik baru. Hal tersebut berarti pengusaha melakukan investasi ekonomi. Dengan demikian semakin tinggi kemajuan teknologi semakin juga jumlah investasi.

  1. Tingkat pendapatan Nasional

Dengan pendapatan nasional yang tinggi akan memperbesar pendapatan masyarakat. Adanya pendapatan masyarakat yang besar akan meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa. Peningkatan permintaan terhadap barang dan jasa akan mendorong para investor untuk melakukan investasi ekonomi. Dengan memenuhi peningkatan permintaan tersebut. Dengan demikian, dapat anda simpulkan sendiri bahwa semakin tinggi pendapatan maka akan juga semakin tinggi jumlah investasi yang anda tanamkan tersebut.

  1. Keuntungan Perusahaan

Jika semakin besar keuntungan yang diperoleh perusahaan akan memberikan kesempatan yang lebih besar.  Dan banyak kepada para pengusaha untuk memperluaskan usahanya. Dalam rangka memperluas usaha maka perlu dilakukan investasi ekonomi.

Baca Juga : Perusahaan Sekuritas