Kota masa Depan Berada Di Bekasi

Sahmitra.com – Kota masa depan merupakan sebuah harapan setiap daerah mendapatkan julukan atau sebutan setiap daerah. Dari semua kota yang mumpuni dan juga banyak mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya merujuk kepada kota Bekasi yang dinilai mempunyai banyak infrastruktur dan juga konektivitas paling lengkap dibandingkan dengan kawasan yang lain.

kota masa depan

Karena Kota bekasi mempunyai Light Rail Transit  atau LRT, Bus Rupid Transit atau BRT, Kereta Listrik, Jalan Tol dan juga Jalan Tol yang melintasainya. Tidak ketinggalan juga lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung yang ramai akan penggunanya, sangat cocok dengan keperluan kota masa depan.

Semua yang telah disebutkan diatas sudah jelas dimiliki oleh kota bekasi. Menurut Sutedja Darmono sebagai Direktur PT Jababeka Tbk, bahwa Bekasi mempunyai potensial untuk dikembangkan sebagai TOD atau transit oriented devolopment. Karena kota masa depan merupakan sebuah kota yang bisa memudahkan warganya untuk beraktifitas dalam sebuah tata kota yang saling berhubungan.

Rencana Pembangunan Kota Masa Depan

Kemudian dia mengambil contoh shanghai Metro yang dibangun pada tahun 1986 kemudian mulai beroperasi tahun 1993. Dimana MRT ini adalah ketiga di China setelah Beijing Subway dan Tianjin Metro. Selain itu Warga Shanghai juga banyak menggunakan alat transfoortasi ini. Dengan tujuan kekantor dan kemana-mana bisa menggunakan MRT. Itulah ciri-ciri atau contoh sebuah kota masa depan. MRT Jakarta contohnya juga yang mampu untuk mengubah perilaku warga bertransportasi.

Baca Juga: BSD City Serpong mempunyai Klaster Baru

Sebuah Kota masa depan merupakan sebuah tempat atau wilayah yang sudah terkoneksi dengan sejumlah moda transportasi yang lainnya. Selain itu juga harus tidak berpolusi dan juga harus nyaman didiami. Suhunya tidak terlalu tinggi, tenang. sehingga bisa membuat para warganya untuk leibh kreatif dan juga inovatif.

Baca Juga: Bintaro Tangerang Menjadi Daya Tarik Pebisnis Properti

Selain shanghai, Kota San Fransisco di Amerika Serikat juga sebagai contoh kota masa depan yang bagus. Karena memiliki ekosistem yang lengkap. Bisa disebut juga sebagai kota pintar karena industri, inovasi dan juga rancangan kota semua terkoneksi di kawasan ini.

Jababeka adalah sebuah township development yang pada mulanya berbasis kawasan industri 3.0. Sedangkan saat ini ada kebutuhan industri 4.0 big data atau Inernet of Things (loT). Jababeka sendiri rencana akan dibangun dengan menerapkan konsep smart city, kata Sutedja.