Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional

Ciri Perusahaan Multinasional atau biasanya disebut juga dengan PMN merupakan sebuah perusahaan yang berkembang dibanyak negara. Dan biasanya selalu akan berkembang dengan sangat besar. Baik itu seperti Kantor, pabrik, maupun cabang cabang yang didirikan diberbagai negara. Indonesia sendiri juga memiliki ciri perusahaan multinasional dengan sistem manejemen yang global.

Keberadaan perusahaan tersebut memberikan pengaruh pada berbagai bidang politik dan ekonomi. Ciri perusahaan multinasional yang sangat besar juga memiliki dana yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki pengaruh yang kuat dalam politik global.

Karena pengaruh dari ekonomi mereka yang sangat besar dari berbagai para politisi. Dan juda dari sumber finansial yang sangat berkecukupan untuk relasi masyarakat dan melobi dari politik. PMN juga seringkali memanfaatkan subkontraktor untuk memproduksi barang tertentu yang mereka butuhkan.

Namun ada suatu hal yang perlu anda ketahui adalah ciri perusahaan multinasional ini memiliki fungsi dan pengaruh yang spesifik karena adanya perusahaan multinasional disebuah negara. Dan menjadi salah satu perusahaan yang akan menyumbangkan dan membayar pajak tinggi untuk sumber pendatapan dari negara yang ditempati oleh perusahan tersebut.

Dimana sebagai faktor perkembangan ekonomi negara dan perusahaan multinasional ini juga menjadi sebuah karya baru. Yang akan selalu hadir dan tidak dapat dihindari sebagai bentuk dari adanya era globalisasi.

Ciri Ciri Perusahaan Multinasional

Ciri ciri perusahaan Multinasional berbeda dengan perusahaan lain dalam beberapa aspek. Terlebih dengan ruang lingkupnya yang mencakup banyak benua. Maka perusahaan tersebut memiliki karakteristiknya tersendiri. Beberapa ciri ciri dari perusahaan multinasional yakni sebagai berikut.

Perusahaan Multinasional Dalam Negeri

Banyak perusahaan Indonesia yang sudah berhasil masuk pasar global. Dengan produk yang banyak dikonsumsi warga dunia. Beberapa diantaranya sudah masuk ketaraf multinasional seperti sebagai berikut :

  1. Semen Indonesia : BUMN pertama yang sudah memiliki status ciri perusahaan multinasional corporation. BUMN ini sudah berhasil mengakusisi perusahaan asing dan berhasil memasuki pasar ASEAN dan asia selatan.
  2. Freeport Indonesia : Perusahaan multinasional ini sudah menambang dan mengeksplorasi bijih yang mengandung tembaga, perak, emas dengan wilayah operasi di Papua.
  3. Garuda Food : Produk makanan atau snack dari perusahaan ini sudah banyak diterima oleh dari berbagai negara. Namun perusahaan multinasional ini berhasil mengekspansi perusahaan asing dan berhasil mengakusisi pabrik gula Fuhua JingJiang Yonghe.
  4. Unilever Indonesia : Perusahaan multinasional ini merupakan perusahaan corporation dengan banyak kantor cabang. Dan manajemen didunia serta juga hampir seluruh produk rumah tangga diproduksi oleh Unilever ini dan sudah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat.

Itulah beberapa contoh ciri perusahaan multinasional yang berkembang di Indonesia hingga kini. Setiap perusahaan selalu berusaha melakukan ekspansi dan juga memperluas pasar mereka. Dengan hal tersebut perekonomian Indonesia juga akan turut berkembang dengan pesat.

Perusahaan Multinasional Luar Negeri

Dengan ada terbukanya pasar global saat ini dan membuka pula kesempatan bagi para perusahaan corporation. Dan akan turut berkembang lebih luas lagi berikut ini ada beberapa ciri perusahaan multinasional luar negeri :

  1. Google : suatu ciri perusahaan multinasional global yang saat ini berkembang pesat seiring dengan berkembangnya dunia digital. Namun perusahaan tersebut yang berbasis di Amerika Serikat ini khusus untuk membuat produk internet.
  2. Net App : Sebuah perusahaan penyimpanan komputer dan dalam bidang manajemen data yang berbasis di California, Amerika Serikat.
  3. Microsoft : Sebuah produk yang dihasilkan oleh microsoft dan hal ini terkait dengan komputer. Dan juga merupakan sebuah perusahaan global yang berbasis di Washington, Amerika Serikat.

Itulah beberapa ciri perusahaan multinasional yang saat ini telah mendunia. Berbagai produk yang dimiliki mampu membantu setiap orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka yang juga turut berkembang bersama dengan teknologi yang ada. Sehingga produk dan layanan lebih inovatif dari yang lainnya.

Baca Juga : Industri Manufaktur Indonesia