Perusahaan Sekuritas

Perusahaan Sekuritas adalah broker atau pialang yang melakukan sebuah transaksi jual beli saham antara klien dengan pembeli saham. Broker hanya menjadi perantara saja dalam hal transaksi dan tidak ada pengaruh pada membeli atau menjual saham investor secara langsung.

Perusahaan Sekuritas

Secara garis besar, perusahaan sekuritas adalah sebuah hal yang merupakan anggota bursa efek yang bergerak dalam bidang transaksi. Namun hal yang perlu anda ketahui adalah dalam perusahaan sekuritas di Indonesia terdiri dari 2 jenis yaitu konvensional dan syariah.

Keduanya memiliki tugas yang sama yaitu sebagai pialang ( perantara ) antara investor dan pusat pasar modal dengan tujuan dengan memudahkan investor. Rekomendasi yang diberikan broker pada kliennya bukan berdasarkan asumsi pribadi.

Perusahaan sekuritas memiliki riset analis, yang melakukan analisa aktivitas pasar, reputasi dari pemilik saham, analisa ekonomi, dan analisa pasar. Hasil dari analisa inilah yang menjadi dasar rekomendasi yang diberikan kepada klien, berserta dengan informasi-informasi lainnya mengenai saham di pasar atau bursa efek.

Namun ada juga sekuritas yang memiliki riset analis yang seadanya, namun mereka memanfaatkan riset dari berbagai sumber dan merangkumnya menjadi rekomendasi bagi klien. Rekomendasi yang diberikan oleh sebuah sekuritas juga mempengaruhi reputasi sekuritas itu sendiri. Jika rekomendasi yang diberikan selalu menguntungkan, klien akan lebih percaya dan nilai jual sekuritas tersebut akan ikut naik.

Jenis Broker Atau Perusahaan Sekuritas

Nah, setelah memahami tentang perusahaan sekuritas. Berikutnya adalah menentukkan perusahaan atau broker mana yang tepat untuk kamu. Sama dengan broker lainnya, pada perusahaan tersebut juga memiliki kinerja dan layanan yang berbeda. Namun secara umum pada perusahaan sekuritas terdapat 3 jenis broker dengan berbagai masing masing layanan. Disini kami akan langsung memjelaskan apa saja jenis dari perusahan tersebut.

  1. Full Service Broker ( Jasa Penuh )

broker ini menawarkan jasa lengkap, mulai dari memberikan informasi, nasihat dan hasil analisis hingga pelaksanaan amanah dari para investor. Walaupun harga broker perusahaan sekuritas ini cenderung mahal, tetapi jenis broker ini sangat sesuai untuk para investor yang sibuk. Dan tidak memiliki waktu untuk melakukan analisis atau yang tidak mengerti mengenai analisis tersebut.

  1. Discount Broker ( Jasa Tidak Penuh )

Memberikan sebuah layanan layaknya broker namun tidak sepuas seperti full service broker. Namun pada harganyapun lebih murah dibandingkan dengan full service broker. Broker jenis ini sesuai untuk investor yang memiliki pengetahuan sedang mengenai terhadap pasar modal.

  1. Deep Discount Broker

Pada jenis broker yang ini hanya menyediakan pelayanan untuk pemeliharaan pada rekening nasabah dan eksekusi jual beli. Pada biaya broker perusahaan sekuritas tersebut tentunya yang paling murah dibandingkan jenis broker lainnya.

Baca Juga : Sukses Bisnis Kuliner