Sektor Perekonomian

Sektor Perekonomian adalah sebuah pengelompokan ekonomi yang menjadi beberapa bagian. Secara tradisional sektor ekonomi dibagi menurut sesuai aktivitas. Yaitu seperti sektor primer, sekunder dan tersier. Namun pada abad ke-20 keluar sector kuartemer yang ditambahkan sebagai kelompok sektor baru.

Pada sektor perekonomian di Indonesia juga dipengaruhi oleh berbagai bidang. Biasanya bidang – bidang tersebut berdasarkan letak geografis pulau – pulau yang ada di Indonesia. Adapun beberapa bidang – bidang tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Sektor perekonomian pertanian dan perternakan

Negara Indonesia merupakan negara agraris dimana sebagian besar rakyat Indonesia bermata pencaharian sebagai petani dan perternak. Namun adapun juga konstribusi sektor perekonomian pertanian dan perternakan terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia. Pada sektor tersebut mencakup tanaman, bahan makanan, perkebunan, perternakan, kehutanan dan perikanan. Sampai saat ini sektor pertanian masih merupakan andalan dalam membentuk perkenomian.

Sekalipun peranannya sendiri cenderung mengecil namun juga ada konstribusi dimana sebesar 42.05 % dan pada akhirnya mengecil menjadi 38.16 %. Subsektor yang terbesar dalam membentuk sebuah PDRB sector pertanian adalah subsector bahan makanan dengan memberikan peran sebesar 27.83 % terhadap PDRB. Sedangkan subsektor lainnya seperti tanaman perkebunan, perternakan, kehutanan dan perikanan masing masing memberikan peran sebesar 3.89 %.

  1. Sektor Pertambangan dan Penggalian

Hal tersebut juga sudah diketahui oleh sebagai besar rakyat Indonesi. Yaitu negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Pada Indonesia dapat menjadi negara yang maju, apalagi memiliki sumber daya manusia yang unggul dalam menangani masalah sumber daya alam. Sayangnya, Banyak pertambangan di Indonesia dimiliki oleh perusahaan asing sehingga kurang membantu untuk sebagai penambahan devisa sektor perekonomian negara. Peran industri pertambangan semakin penting bagi perekonomian negara – negara di dunia termasuk dinegara kita sendiri yaitu Indonesia.

  1. Sektor Perekonomian Industri

Sektor perekonomian industry yang berkembang sampai saat ini ternyata masih didominasi oleh industry pada tenaga kerja. Yang pada biasanya memiliki mata rantai relative pendek sehingga penciptaan nilai tambah juga relative kecil dan rendah. Akan tetapi karena besarnya populasi unit usaha maka konstribusi terhadap perekonomian tetap tinggi dan besar. Namun terdapat 3 unsur pelaku ekonomi yang mendukung perkembangan sektor perekonomian industry yaitu Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS ). Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) dan pengusaha kecil atau menengah serta koperasi ( PKMK ).

Baca Juga : Investasi dan Pembangunan Ekonomi