SWOT Bisnis

Analisis SWOT bisnis adalah teknik yang berguna untuk memahami Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) dari bisnis anda. Dan untuk mengidentifikasi Opportunity (Peluang) yang terbuka untuk anda dan Threat (Ancaman) yang anda hadapi. Kekuatan dan kelemahan seringkali bersifat internal bagi organisasi Anda, sementara peluang dan ancaman umumnya terkait dengan faktor-faktor eksternal.

Apa yang membuat SWOT bisnis sangat kuat adalah bahwa, dengan sedikit pemikiran, ini dapat membantu Anda mengungkap peluang yang dapat Anda manfaatkan dengan baik. Dan dengan memahami kelemahan bisnis Anda, Anda dapat mengelola dan menghilangkan ancaman yang mungkin tidak akan Anda sadari. Pengguna analisis SWOT sering bertanya dan menjawab pertanyaan untuk menghasilkan informasi yang bermakna untuk setiap kategori agar alat ini bermanfaat dan mengidentifikasi keunggulan kompetitif mereka.

Lebih dari ini, dengan melihat diri sendiri dan pesaing Anda menggunakan kerangka kerja SWOT bisnis . Anda dapat mulai menyusun strategi yang membantu anda membedakan diri dari pesaing-pesaing anda, sehingga anda dapat bersaing dengan sukses di pasar. Analisis SWOT dapat digunakan secara efektif untuk membangun strategi organisasi atau pribadi. Langkah-langkah yang diperlukan untuk melaksanakan analisis berorientasi strategi melibatkan identifikasi faktor internal dan eksternal (menggunakan matriks 2×2 populer).

Kegunaan analisis SWOT tidak terbatas pada organisasi pencari keuntungan. Analisis SWOT dapat digunakan dalam situasi pengambilan keputusan ketika keadaan akhir yang diinginkan (objektif) didefinisikan. Contohnya termasuk organisasi non-profit, unit pemerintah, dan individu. Analisis SWOT juga dapat digunakan dalam perencanaan pra-krisis dan manajemen krisis preventif. Analisis SWOT juga dapat digunakan dalam membuat rekomendasi selama studi kelayakan/survei.

SWOT Bisnis

Pertimbangkan kekuatan anda di SWOT bisnis baik dari perspektif internal, dan dari sudut pandang pelanggan dan orang-orang di pasar anda. Karakteristik dari perusahaan anda bisa menjadi kekuatan dari perusahaan anda. Ketika melihat kekuatan anda, kaitkan dan bandingkan dengan pesaing anda. Misalnya, jika semua pesaing anda menyediakan produk berkualitas tinggi, maka proses produksi berkualitas tinggi bukanlah kekuatan di pasar organisasi anda, itu adalah keharusan.

Sebaliknya untuk kelemahan di SWOT bisnis anda, apa yang bisa ditingkatkan lagi dari perusahaan atau organisasi anda? Apa yang harus dihindari agar tidak melemahkan perusahaan anda? Apa yang mungkin dilihat orang sebagai kelemahan di pasar Anda? Faktor apa yang membuat Anda kehilangan penjualan?Sekali lagi, pertimbangkan ini dari perspektif internal dan eksternal: apakah orang lain tampaknya melihat kelemahan yang tidak anda lihat? Apakah pesaing-pesaing anda lebih baik dari anda?

Peluang di SWOT bisnis adalah faktor eksternal dalam lingkungan bisnis anda yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan anda. Apakah pasar anda berkembang dan apakah ada tren yang akan mendorong orang untuk membeli lebih banyak dari apa yang anda jual? Adakah acara mendatang yang mungkin dapat dimanfaatkan perusahaan anda untuk menumbuhkan bisnis? Apakah ada perubahan peraturan yang akan mempengaruhi perusahaan anda secara positif? Jika bisnis anda berjalan dan berjalan, apakah pelanggan sangat menghargai Anda?

Ancaman di SWOT bisnis adalah faktor eksternal yang tidak dapat anda kendalikan. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menempatkan rencana darurat untuk menangani mereka jika itu terjadi. Apakah anda memiliki pesaing potensial yang dapat memasuki pasar anda? Apakah pemasok akan selalu dapat memasok bahan baku yang Anda butuhkan dengan harga yang anda butuhkan? Apakah perilaku konsumen berubah dengan cara yang dapat berdampak negatif bagi bisnis anda? Adakah tren pasar yang bisa menjadi ancaman?

Baca Juga: 5 Kualitas Sah Mitra Bisnis