3 Cara Mudah Mengetahui Hand Sanitizer Asli atau Palsu

sahmitra.com —  Hand sanitizer merupakan barang yang penting ditengah pandemi Virus Corona. Dokter ataupun ahli menyebutkan bahwa cairan pembersih tangan itu efektif dapat membunuh virus dan bakteri.

Namun, karena permintaan yang terus meningkat maka banyak produk hand sanitizer home made atau buatan sendiri kerap beredar di pasaran.

Bahkan juga tak jarang ada oknum yang memanfaatkan kepopuleran hand sanitizer dengan membuat produk tiruan alias palsu.

Produk hand sanitizer asli ini dibuat dengan 60 persen alkohol. Campuran yang digunakan juga bukanlah sembarangan agar tak merusak kulit pengguna.

Selain itu, mengecek merk, kemasan fisik, tanggal kadaluwarsa, dan kandungan alkohol yang tertera, terdapat cara mudah untuk mengecek keaslian hand sanitizer.

Menyadur dari Times of India, terdapat setidaknya tiga cara mudah untuk mengetahui keaslian produk hand sanitizer yang dibeli.

Pertama, menggunakan tisu. Siapkan selembar tisu dan buat lingkaran di tengahnya menggunakan pulpen ataupun alat tulis bertinta lalu tuangkan beberapa tetes hand sanitizer ke dalam lingkaran.

Jika tinta mulai memudar dan luntur, itu berarti hand sanitizer yang dibeli adalah palsu. Tapi, jika lingkaran tersebut tak berubah dan tisu cepat mengering, maka hand sanitizer itu adalah kualitas baik.

Ilustrasi tisu toilet (Shutterstock).

Kedua, menggunakan pengering rambut. Siapkan pengering rambut (hairdryer) serta mangkuk kecil. Tuangkan beberapa tetes hand sanitizer ke dalam mangkuk.

Setelah itu, gunakan hairdryer untuk mengeringkannya. Hand sanitizer yang asli akan mengering kurang dari lima menit. Diluar itu, maka pembersih tangan yang dibeli adalah palsu.

Ilustrasi perempuan pakai hair dryer, pengering rambut [shutterstock]

Ketiga, menggunakan tepung. Selain itu, dapat juga menguji keaslian hand sanitizer dengan menggunakan tepung. Ambil tepung ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit cairan hand sanitizer. Cobalah untuk menguleni adonan.

Apabila dapat mengulen adonan dengan mudah layaknya menggunakan air, maka pembersih tangan itu adalah palsu. Namun, jika adonan tetap terurai atau sulit untuk menggumpal, lantas pembersih itu adalah aslii

Ilustrasi berbagai jenis tepung. (Shutterstock)