Alasan dan perjanjian cerai paling aneh dan konyol yang pernah ada

SAHMITRA – Pernikahan adalah salah satu institusi sosial paling tua yang telah ada selama ribuan tahun. Namun dalam dekade terakhir, di banyak negara pernikahan menjadi sesatu yang kurang umum. Data menunjukkan bahwa orang-orang yang lambat menikah atau memilih untuk tidak menikah jumlahnya semakin meningkat dan semakin banyak juga pasangan yang memilih untuk hidup dan memiliki anak bersama tanpa adanya status atau ikatan pernkahan.

Di awal abad ke-20, perubahan sosial dan ekonomi menjadi penyebab atau yang mempengaruhi turunnya tingkat pernikahan. Perubahan sosial dan ekonomi juga ternyata ikut mempengaruhi kenaikan tajam pada angka perceraian sepanjang tahun 1970-an dan 1980-an. Perubahan atau peningkatan tingkat perceraian sebagian besar dipengaruihi oleh perubahan harapan dalam pernikahan saat wanita memasuki dunia kerja, masa-masa dimana wanita mulai mendapatkan hak untuk memiliki dan memilih pekerjaan atau karir.

Namun belakangan ini alasan perceraian yang paling terkenal mungkin adalah “perbedaan yang tidak dapat didamaikan”, yang berarti tidak ada pihak yang harus membuktikan bahwa pasangan mereka yang harus disalahkan atas rusaknya hubungan. Tapi tidak sedikit juga perceraian terjadi akibat perkara atau alasan yang cukup konyol dan terkadang tidak masuk akal. Berikut adalah beberapa alasan perceraian konyol dan tidak masuk akal tersebut.

  •  Pembawa sial

Seorang pria Saudi yang menceraikan istrinya hanya dua hari setelah pernikahan mereka karena dia percaya istrinya membawa nasib buruk. Pria itu memutuskan untuk mengakhiri pernikahannya karena serangkaian peristiwa malang terjadi selama bulan madu pasangan itu.  Anda akan bertanya peristiwa malang macam apa? Pria itu menyebutkan peristiwa seperti tirai runtuh ketika mereka memasuki suite hotel mereka dan seorang pelayan restoran tersandung setelah dia menyajikan makan malam untuk mereka. Pria itu juga menjelaskan bahwa setelah dia menceraikan istrinya, dia minta wanita itu untuk menyimpan mas kawin dan semua hadiah yang dia berikan padanya karena dia takut wanita itu akan mengutuknya kalau dia melakukan yang sebaliknya.

  • Salah dukung

Seorang wanita Saudi menceraikan suaminya setelah suaminya memukulinya karena dia menyoraki pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo selama pertandingan sepak bola. Insiden itu terjadi selama pertandingan El Classico antara Real Madrid dan Barcelona. Tidak suka karena sang istri dengan bersemangat mendukung tim lawan, sang suami pun naik pitam dan kemudian memukuli sang istri hingga babak belur. Segera setelah penyerangan itu, sang istri kembali ke rumah orang tuanya dan mengajukan gugatan cerai.

  • Terlalu.. terlalu..

Wanita Nigeria mengajukan gugatan cerai setelah hanya satu minggu menikah karena dia tidak bisa menangani ukuran penis suaminya. Tapi wanita ini tidak menyerah dengan begitu saja. Dia tetap berusaha untuk menangani ‘masalah’ yang dialaminya dengan meminta wejangan dan obat dari ibunya. Namun tetap tidak berhasil dan dia mengatakan becinta dengan suaminya adala pengalaman paling buruk.

  • Sungguh tak sanggup

Seorang pria India menceraikan istrinya karena  ternyata istrinya memiliki dorongan seks yang berlebihan. Dia pun menuduh bahwa istrinya tersebut sering memaksanya untuk melakukan apa yang dia gambarkan sebagai “seks yang tidak wajar,” dan bahwa ketika dia mencoba melawan, istrinya akan menyiksanya dengan berbagai cara, termasuk memaksanya menggunakan narkoba dan meminum alkohol.

Dan setelah pernikahan yang gagal, selanjutnya adalah proses negosiasi siapa yang berhak mendapatkan apa dan mengapa, yang merupakan salah satu bagian dari proses perceraian pada umumnya. Dan sebaik apapun pasangan yang hendak bercerai berharap proses ini bisa berlanjut, argumen dan konfrontasi dalam memutuskan klausal atau poin-poin penting dalam perjanjian cerai adalah hal-hal yang tidak dapat terhindari. Berikut ini adalah beberapa perjanjian cerai paling aneh yang pernah ada.

  • Istri baru superstar

Sebelum Marc Anthony menikahi Jennifer Lopez pada tahun 2004, ia menikah dengan aktris dan mantan ratu kecantikan Dayanara Torres. Ketika Torres dan Anthony bercerai, Torres dilaporkan harus menandatangani perjanjian untuk tidak pernah berbicara buruk tentang Lopez atau dia bisa menghadapi tuntutan hukum.

  • Bagi dua

Membagi rumah menjadi dua biasanya berarti menjualnya dan membagi uangnya 50/50, bukan? Yah, bukan untuk pasangan di Kamboja ini. Mereka benar-benar menggergaji sebuah rumah menjadi dua setelah mengakhiri pernikahan 18 tahun mereka.

  • Gali kubur

Sepasang suami istri di Australia bercerai dan sang istri memenangkan lahan pertanian keluarga. Terdengar tidak ada yang aneh dengan pengaturan ini. Tapi kemudian sang istri ingin calon mantan suaminya itu menggali kuburan orang tuanya dari properti yang akan menjadi miliknya nanti.

  • Kembalikan anggota tubuhku

Seorang wanita di Inggris pernah mendonasikan salah satu ginjalnya untuk menyelamatkan nyawa suaminya. Sang suami yang selamat, empat tahun kemudian menceraikannya. Sebagai perjanjian pernikahan mereka, wanita ini menginginkan ginjalnya dikembalikan.