Bawa Uang Receh Sekarung ke Konter, Kakek Pemulung Ini Beli HP Untuk Cucunya!

sahmitra.com — Sebuah video yang merekam seorang kakek hendak membeli ponsel viral di dunia maya, alasan video tersebut banyak menyedot perhatian netizen adalah karena si kakek membeli ponsel dengan uang koin sekarung.

Kakek yang diketahui bernama Yatmin, warga Damanhuri, Gang 5, Samarinda itu mendadak menarik simpati netizen karena sehari-hari berprofesi sebagai pemulung, dan saat membeli ponsel si kakek yang terlihat mengenakan pakaian lusuh menghampiri sebuah konter dengan bawa uang koin sekarung.

Dari penelusuran Kompas.com, kejadian itu diduga terjadi pada Sabtu (20/06/2020), disalah satu konter ponsel di Samarinda, Kalimantan Timur.

Saat kakek tersebut menghampiri toko, beberapa karyawan toko mengira kalau kakek itu hanya sekadar berteduh, karena kondisi kala itu lagi hujan, namun apa yang dipikirkan salah, kakek itu malah masuk dan mencoba melihat satu per satu HP yang terpajang di etalase.

Salah seorang karyawan kemudian melaporkan kepada si bos, dan reaksi si bos sungguh kaget saat mendengar kalau seorang kakek datang ke konternya dengan membawa sekarung uang koin.

“Saya awalnya kaget, pegawai saya panggil katanya ada kakek datang bawa uang recehan mau beli ponsel,” ungkap pemiliki konter, Rahman (26).

Mendengarkan hal itu, Rahman merasa iba atas usaha kakek tersebut, terlebih karena membeli ponsel buat cucunya bermodal uang recehan sekarung.

Setelah dihitung ulang, uang receh yang dibawa kakek itu diperkirakan sebanyak Rp 600 ribu, namun oleh Rahman, kakek tersebut malah diberikan ponsel seharga Rp 1,9 juta. Bukan hanya itu, Rahman juga masih memberikan uang saku senilai Rp 200 ribu kepada Yatmin.

“Saya bilang ya sudah enggak masalah, terima saja. Terus kami kasih ponsel baru dan uang Rp 200.000,” kata dia.

Ditempat terpisah, Yatmin saat dihubungi awak media, membenarkan jika kakek didalam video yang viral ini adalah dirinya, Yatmin mengatakan jika uang receh dalam karung untuk membeli ponsel itu tabungan cucunya.

Jauh sebelum video ini viral, Yatmin menjelaskan jika cucunya memang sudah lama menginginkan sebuah ponsel, karena tak memiliki cukup banyak uang, ia lantas meminta cucunya untuk menabung setiap harinya.

“Setiap hari dia (cucu) tabung Rp 1.000, Rp 2.000, sampai Rp 3.000, sisa jajannya,” ungkap Yatmin.

“Awalnya saya berniat kalau kurang nanti saya tambah,” kata Yatmin.