Berfoto dengan 50 Anak yang Tak Pakai Masker, Sinterklas Positif Covid-19

Sahmitra — Pasangan di Georgia, AS, dilaporkan positif Covid-19 setelah berfoto dengan 50 anak sambil berpakaian Sinterklas. Ketua Dewan Komisioner Long County Robert Parker menyatakan, pasangan itu mengenakan masker dalam acara yang berlangsung pada 10 Desember.

Namun, banyak anak yang hadir pada saat itu, termasuk anak dari Parker seperti yang dia ungkapkan di Facebook, tak memakai masker.

Pasangan Sinterklas itu kemudian menderita gejala virus corona di mana mereka langsung memeriksakan diri pada 12 Desember.

Setelah itu, mereka memberitahukan kepada pejabat kabupaten setempat bahwa mereka positif terinfeksi Covid-19 keesokan harinya (13/12/2020).

Anak yang berfoto sempat sekolah

Setelah pasangan itu mengumumkan terpapar, pemerintah Long County mengimbau anak-anak yang berkontak dengan pasangan itu agar mengisolasi diri selama 14 hari.

Namun Parker mengungkapkan seperti diberitakan New York Times, ada anak yang masuk sekolah sehari setelah sesi foto digelar.

Parker menjelaskan, otoritas Long County tidak menginstruksikan tes usap (swab) kepada mereka. Dia juga mengaku tak tahu apakah ada tracing.

Tetap berpegang teguh dengan “tradisi liburan”

Meski Sinterklas itu sudah menyatakan diri positif, Parker menuturkan mayoritas anggota dewan setuju bahwa “tradisi liburan” harus tetap digelar.

Dilansir Mothership Rabu (16/12/2020), dia mengatakan melihat senyum cerah dari anaknya persis seperti ketika kembali ke sekolah.

“Jadi, saya ingin menekankan tidak ada anak yang dipaksa hadir dalam acara tersebut. Risiko ada di tangan orangtua mereka,” kata dia.