CEK FAKTA: Benarkah Cium Janda 1 Menit Bisa Perpanjang Umur 1 Tahun?

sahmitra.com — Beredarnya salah satu artikel dimedia online yang mengklaim mengungkapkan fakta cium janda dapat memperpanjang umur. Artikel itu ramai menjadi sorotan publik.

Artikel tersebut dimuat di laman Suarapublik.site dengan judul artikel ‘Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, Ini Faktanya’.

Apakah benar dalam judul artikel mencium janda dapat memperpanjang umur 1 tahun?

Cek Fakta: Cium janda bisa perpanjang umur (Tirnbackhoax.id)

PENJELASAN :

Berdasarkan penelusuran turnbackhaox.id, pada Jumat (12/06/2020), klaim dalam judul artikel yang menyebut mencium janda dapat memperpanjang umur adalah klaim yang salah. Tidak ada keterkaitan pasti antara judul dengan isi artikel

Pada isi artikel hanya dibahas mengenai manfaat berciuman secara umum. Tidak ada penjelasan spesifik mengenai manfaat ciuman dengan janda.

Cek Fakta: Cium janda bisa perpanjang umur (Tirnbackhoax.id)

Isi artikel itu dimuat dalam laman yang sama dengan artikle yang tayang pada laman klikdokter.com dengan judul ‘Manfaat Ciuman’ yang dipublikasikan pada 20 September 2010. Selain itu juga, bertuliskan artikel yang sama di Tribunnews dengan judul ‘Ciuman Mesra Dapat Memperpanjang Umur’ yang dipost pada 5 Agustus 2010.

Dalam kedua artikel tersebut tidak ditemukannya pembahasan detail manfaat ciuman bersama janda. Kedua artikel hanya membahas manfaat ciuman secara umumnya.

  Cek Fakta: Cium janda bisa perpanjang umur (Tirnbackhoax.id)

KESIMPULAN :

Dari penjelasan yang diterakan, dapat disimpulkan bahwa artikel yang mengklaim cium janda dapat memperpanjang umur adalah klaim yang salah. Sebab, diantara judul dengan isi artikel tak ada hubungan keterkaitan.

Klaim tersebut masuk dalam kategori false connection atau koneksi yang salah.