Dan Terjadi Lagi, Rumah Sakit di Rumania Kebakaran, 4 Pasien Covid-19 Tewas

Sahmitra — Sebuah rumah sakit di Bukares, Rumania, yang digunakan untuk merawat pasien Covid-19 terbakar dan menewaskan setidaknya empat orang.

Insiden kebakaran tersebut terjadi hanya berselang tiga bulan setelah rumah sakit juga mengalami kebakaran dan menelan 10 korban jiwa.

Menyadur Euro News, Jumat (29/1/2021) kebakaran terjadi di Rumah Sakit Matei Bals di Bukares, salah satu kota terbesar di kota Romania pada Jumat pagi waktu setempat.

“Tiga pasien ditemukan tewas dan yang keempat meninggal kemudian,” kata Raed Arafat selaku Sekretaris Negara di Kementerian Dalam Negeri. Raed menambahkan bahwa mereka adalah pasien Covid-19.

“Sekitar 120 pasien yang berada di bangsal yang sama dievakuasi,” kata juru bicara ISU Bogdan Toma kepada AFP.

Pada bulan November, sebuah rumah sakit yang juga dikenal sebagai National Insititute of Infectious Diseases tersebut sempat menjadi perbincangan dan berita utama.

Rumah sakit tersebut menjadi berita utama di Rumania ketika foto-foto yang dipublikasikan secara online menunjukkan bangsal yang penuh sesak dan pasien harus dirawat di koridor karena Covid-19.

Insiden serupa pernah terjadi pada 14 November, 10 orang tewas di sebuah rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di kota Piatra Neamt.

Setelah kecelakaan itu, pihak berwenang mengumumkan pemeriksaan di unit perawatan intensif di seluruh negeri.

Berbicara pada saat itu, Marius Filip, direktur otoritas kesehatan Rumania, mengatakan kepada AFP bahwa kurang dari sepertiga dari 670 rumah sakit Rumania memiliki sertifikasi keselamatan kebakaran.

Kebakaran membuat sistem perawatan kesehatan Rumania menjadi fokus utama dalam lima tahun sejak kebakaran pada bulan Oktober di klub malam Bucharest yang menewaskan 64 orang.