Di Balik Senyuman Isabella Guzman saat Diadili di Kasus Pembunuhan

Sahmitra — Isabella Guzman yang pernah diadili karena membunuh ibu kandungnya mendadak viral di media sosial. Video dirinya tersenyum saat disidang, ramai beredar. Namun, di balik senyum manisnya itu, Guzman mengidap gangguan jiwa.

Seperti dilansir CNN, pada 5 September 2013, gadis asal negara bagian Colorado, Amerika Serikat itu menghadapi dakwaan pembunuhan tingkat pertama. Guzman dituduh menikam ibunya 79 kali di wajah dan leher di kamar mandi rumah mereka.

Gadis bernama lengkap Isabella Yun-Mi Guzman (18) itu ditahan tanpa jaminan di Penjara Arapahoe pada 28 Agustus 2013 karena menikam ibunya, Yun-Mi Hoy (47) hingga tewas.

Ayah tiri remaja itu, Ryan Hoy, mengatakan kepada pihak berwenang bahwa Guzman dan ibunya sudah sering bertengkar, tetapi Guzman meludahi wajah ibunya dan menjadi “lebih mengancam dan tidak menghormati ibunya” di hari-hari menjelang pembunuhan. Demikian menurut surat pernyataan penangkapan.

Hoy mengatakan kepada polisi bahwa istrinya menunjukkan kepadanya sebuah email yang diduga dikirim Guzman padanya di pagi hari pembunuhan tersebut, yang berisi kata-kata, “Kamu akan membayar.”

E-mail itu mendorong Yun-Mi Hoy untuk menelepon polisi hari itu juga dan meminta mereka untuk datang ke rumahnya karena putrinya mengancam akan menyakitinya.

Setelah berbicara dengan Yun-Mi Hoy dan Guzman, petugas polisi yang datang merespon memutuskan ada “masalah keluarga yang sedang berlangsung di antara mereka dan tampaknya sudah diselesaikan,” demikian menurut dokumen pengadilan.

Ryan Hoy memberi tahu pihak berwenang bahwa setelah petugas polisi pergi, Guzman pergi ke kamar tidurnya dan tetap di sana sepanjang malam sementara ibunya kembali bekerja.