Disneyland Akan Disulap Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Sahmitra — Berbulan-bulan selama pandemi virus corona, Disneyland mendapat banyak sorotan karena berulang kali mencoba membuka kembali gerbang ke “Magic Kingdom.”

Tapi kini, pengunjung akan dibiarkan masuk ke salah satu kompleks wisata terbesar di California itu.

Hanya saja tidak untuk naik wahana “Haunted Mansion” atau menyesap “susu hijau” khas wahana Star Wars: Galaxy’s Edge.

Melansir Gizmodo pada Selasa (12/1/2021), Pejabat Orange County telah mengonfirmasi bahwa taman hiburan di Anaheim itu akan menjadi salah satu situs Point Of Dispensing (POD) pertama di kota itu. Artinya tempat itu akan digunakan sebagai pusat distribusi vaksin Covid-19.

Tidak seperti resor kembarnya di Florida, Disney World California milik Disneyland telah ditutup sejak Maret, karena perintah lockdown virus corona.

Pembukaan kembali dilakukan pada Juli, untuk area terbatas di kawasan ritel Downtown Disney yang berdekatan dengan taman. Pembukaan Disney World saat itu masih terbilang kontroversial.

Namun saat ini, tempat itu akan menjadi tuan rumah bagi para tamu dan fasilitas pengujian Covid-19 yang dikelola negara.

Disneyland akan menjadi salah satu dari lima situs “Super POD” di Orange County.

Diharapkan keberadaannya mampu mendistribusikan ribuan dosis vaksin kepada orang-orang setiap hari, dan diharapkan mulai beroperasi akhir pekan ini.

Disneyland Resort menyatakan bangga bisa membantu mendukung Orange County dan Kota Anaheim dengan menggunakan properti miliknya.

“Kami berterima kasih atas semua upaya mereka untuk memerangi Covid-19,” kata Dr Pamela Hymel, Kepala Petugas Medis untuk Taman Disney kepada ABC7 News.

“Kurang lebih setahun, begitu banyak orang di komunitas kami menghadapi kesulitan dan ketidakpastian. Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Sekarang ada alasan untuk optimisme dengan pemberian vaksin.”

Sungguh perjalanan yang aneh bagi Disneyland hingga bisa dibuka kembali sebagian untuk alasan ini.

Sayangnya, pengunjung tetap tidak akan diizinkan menaiki wahana setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19 di tempat ini.

Taman hiburan yang terkenal ini dalam daftar terdepan dalam usaha pembukaan kembali California.

Sebab, penutupannya akibat pandemi menimbulkan kerugian ekonomi yang tidak sedikit bagi wilayah itu.

Sementara pembukaan kembali Disney World yang dikendalikan di Florida terbilang relatif berhasil.

Setelah adanya insentif bagi “Tempat Terbahagia di Bumi” itu untuk mulai melayani tamu lagi. Tetapi pejabat kesehatan negara bagian tetap teguh pada pedoman ketat untuk taman hiburan.

Disneyland atau lainnya, hanya dapat dibuka dengan kapasitas yang sangat berkurang mengingat jumlah kasus Covid-19 saat ini.

Meskipun taman belum dapat dibuka untuk tamu, membantu mendistribusikan vaksinasi terhadap virus corona jauh lebih berguna daripada akses ke wahana Splash Mountain dan churros sekarang.