Gara-gara Koala, 5 Mobil Alami Kecelakaan di Jalan Tol

Sahmitra — Seekor koala menyebabkan kecelakaan lima mobil ketika melesat di salah satu jalan raya tersibuk di Australia Selatan. Pengendara yang terlibat dalam insiden itu langsung menghubungi tempat penyelamatan hewan marsupial atas kejadian itu.

Kepolisian setempat mengonfirmasi kecelakaan beruntun mobil itu terjadi di Jalan Tol Tenggara Adelaide dekat Crafers pada Senin (8/2/2021), sekitar pukul 7 pagi waktu setempat. Seorang pengemudi pria dilaporkan menjadi orang pertama yang menghentikan mobilnya secara mendadak.

Dia ternyata mencoba untuk menyelamatkan koala yang melintas. Mobilnya kemudian ditabrak dari belakang, menyebabkan reaksi berantai.

Seorang wanita Adelaide, Nadia Tugwell, berada di belakang tumpukan itu dan mengatakan pada awalnya dia tidak tahu apa yang menyebabkan hambatan lalu lintas tersebut.

“Orang-orang sudah keluar dari mobil dan berkeliling – kami tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi,”kata Tugwell kepada Guardian Australia.

Kemudian Tugwell melihat koala bergerak di antara mobil dan penghalang beton di tengah jalan bebas hambatan.

“Koala itu sangat lucu, seperti menginjak-injak mobil dan penghalang. Kemudian saya melihat seorang wanita berlari di belakangnya, mencoba menangkapnya dengan selimut.”

Kedua wanita itu berhasil menyudutkan koala dan membungkusnya dengan jaket sebelum meletakkannya di belakang mobil Tugwell.

Tugwell, yang sebelumnya telah menyelamatkan hewan lain dari jalan lokal, mengatur agar pusat Penyelamatan Koala Adelaide menemuinya di pom bensin terdekat.

Sementara dia menunggu penyelamat tiba, makhluk menggemaskan itu merasa nyaman di dalam mobilnya. Sang koala bahkan melompat ke belakang kemudi, menurut foto yang beredar.

“Saya duduk di sana untuk menghibur diri sendiri. Tetapi saya harus melompat keluar mobil, ketika dia (koala) memutuskan untuk mengambil alih kemudi,” kata Tugwell kepada Guardian Australia.

Seorang pawang dari penyelamat koala akhirnya bisa mengarahkan marsupial ke dalam tas.

“Dia sebenarnya adalah koala yang cukup tenang, dia bahkan tidak melawan saat berada di dalam tas, dia hanya tenang dan masuk ke dalam keranjang,” kata Tugwell.

Ann Bigham, seorang sukarelawan penyelamat, mengatakan kepada ABC bahwa koala berhasil lolos dari “cobaan itu” dan terluka. Hewan itu dibebaskan ke alam liar kurang dari satu mil dari jalan bebas hambatan.

“Koala dalam kondisi sangat baik, untungnya tidak tertabrak sama sekali dan berkat penyelamat, koala itu tetap aman,” kata Bigham.