Harimau Terkam Jip Safari, Bumper-nya sampai Robek

Sahmitra — Sebuah video viral memperlihatkan seekor harimau Benggala (atau harimau Bengal) menggigit dan merobek bumper mobil jip safari sampai hampir lepas.

Bahkan gigitan harimau yang usianya disinyalir beranjak dewasa itu dapat menarik mundur jip yang berbobot sekitar 1,8 ton.

Sambil menggigit dan merobek bumper mobil jip, harimau itu mencengkeram cakarnya ke jalan agar tetap kokoh.

Peristiwa ini terjadi di Taman Nasional Bannerghatta, Bengaluru, India, tapi tidak diketahui kapan tepatnya.

Para penumpang yang merekamnya tampak terkejut sekaligus khawatir, saat harimau Benggala itu membuka lebar rahangnya dan menerkam bumper belakang jip Mahindra jenis Xylo.

Menurut situsweb Carwale, mobil karya anak bangsa India itu berkapasitas 7-8 orang dengan mesin 2.200-2500cc.

Kemudian dilansir Daily Mail pada Sabtu (16/1/2021), jip yang dimodifikasi untuk kebutuhan safari itu diisi sekitar 4 penumpang tetapi si harimau bisa menariknya mundur.

Di video, seorang pria dan wanita sama-sama terdengar berteriak, “Aku takut”.

 

Mereka lalu menutup jendela ketika ada harimau lain yang muncul dari balik pepohonan.

Keempat penumpang mobil jip tetap di dalam saat serangan terjadi, dan sopir tidak tancap gas agar tidak melukai si harimau.

Taman Nasional Bannerghetta dibuka sejak 1970 dan dihuni hewan-hewan seperti gajah, harimau, singa, buaya, dan ular.

Harimau Benggala jantan bisa berbobot sampai 190 kg dan panjangnya mencapai 2,7 meter. Gigi-gigi mereka dapat tumbuh hingga 10 cm, dan cakarnya bisa dipakai untuk memanjat pohon.

Harimau khas India ini mengonsumsi sekitar 40 kg daging dalam sekali makan, dan bisa tidak makan sampai 3 minggu kemudian.

Di penangkaran harimau Benggala rata-rata hidup selama 18 tahun, tetapi di alam liar usia harapan hidupnya bisa lebih rendah.