India Perpanjang Lockdown Nasional hingga 3 Mei

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengumumkan untuk memperpanjang langkah lockdown nasional sampai 3 Mei mendatang. Keputusan ini dilakukan untuk menekan lebih lanjut pencegahan penyebaran Virus Corona yang masih terjadi sampai sekarang.

Di dalam pidatonya tersebut, Modi mengumumkan jika keputusan yang dilakukan ini sangat penting untuk mencegah adanya penularan Virus Corona yang lebih lanjut.

“Sampai 3 Mei, kita semua harus tetap lockdown. Selama waktu itu, kita harus mengikuti disiplin yang sama seperti yang telah kita lakukan,” ujar Modi dalam pidatonya.

“Permintaan saya kepada semua warga adalah bahwa virus corona tidak akan dibiarkan menyebar ke seluruh wilayah baru. Kita harus sangat berhati-hati dan terus mengawasi tempat-tempat yang diharapkan menjadi pusat penyebaran,” lanjutnya.

India yang sudah memberlakukan lockdown mulai dari tanggal 25 Maret lalu selama tiga pekan. Semula aturan tersebut yang berakhir pada Selasa (14/04/2020).

Sejak memutuskan untuk lockdown nasional, pemerintah hanya mengizinkan beberapa layanan penting yang tetap beroperasi. Layanan ini mulai dari air, listrik, rumah sakit, pemadam kebakaran, dan toko sembako agar tetap beroperasional.

Sementara pada toko yang tidak menjual makanan, perusahaan komersial, pabrik, bengkel, kantor, pasar, dan tempat ibadah harus ditutup untuk sementara waktu. Transportasi umum juga seperti bus dan metro yang menghubungkan antar negara bagian juga berhenti beroperasi.

Semua proyek kontruksi juga diminta untuk melakukan penutupan sementara waktu selama lockdown masih berlaku.

Modi yang juga mengaku jika keputusan ini akan memengaruhi perekonomian negara, kaum miskin menjadi pihak yang paling terkena imbasan dari kebijakan ini. Namun, ia tetap memastikan akan memprioritaskan kesehatan warganya tersebut.

“Dari sudut ekonomi, kami telah membayar dengan harga besar. Tetapi nyawa rakyat jauh lebih berharga,” kata Modi menambahkan.

Lalu, Modi mengatakan kebijakan ini telah terbukti menekan hingga mencegah kasus baru Virus Corona di beberapa negara bagian dan distrik.

“Hingga 20 April, semua distrik, lingkungan, dan negara bagian akan dimonitor secara ketat untuk melihat seberapa ketat mereka menerapkan aturan tersebut,” ucapnya.

Sebelum Modi memutuskan untuk memperpanjang lockdown, beberapa negara bagian India yang telah lebih dahulu melakukan dan mengumumkan hal serupa sampai 30 April mendatang. Maharashtra, merupakan negara bagian pusat penyebaran Virus Corona termasuk salah satu yang membuat keputusan tersebut.

Hingga kini, sudah ada 11.487 kasus Virus Corona dengan 393 orang yang telah dinyatakan meninggal dunia.