Indonesia Hadir Dark Mode WhatsApp

sahmitra — WhatsApp kini telah mengumumkan ketersediaan fitur terbarunya, yakni mode gelap atau dark mode pada aplikasinya. Namun, banyak juga dari pengguna WhatsApp di Indonesia yang belum mendapatkan update atau fitur dark mode tersebut.

WhatsApp memang sudah menyebutkan penyebaran fitur akan dilakukan bertahap. Hari ini, Kamis (05/03/2020), fitur dark mode WhatsApp yang akhirnya menyambangi Indonesia. Setelah dipantau di laman Google Play Store dan Apple App Store, Kamis (05/03/2020) pagi ini, WhatsApp sudah mendapatkan pembaruan. Dalam keterangan aplikasi yang disebutkan bahwa salah satu fitur teranyar dalam pembaruan tersebut adalah dark mode.

BACA JUGA :

PASOKAN BAHAN BAKU OTOMOTIF TERANCAM

Untuk versi Android, WhatsApp yang sudah punya pilihan tema antarmuka serba gelap adalah versi 2.20.64, sementara untuk iOS sendiri dengan versi 2.20.30. Adapun dark mode merupakan fitur yang ditunggu-tunggu oleh pengguna WhatsApp sejak lama. Karena, selain tampilan gelap dipercaya buat layar ponsel tidak memakan daya yang berlebihan.

Selain itu, tampilan antarmuka hitam yang juga bisa mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang rendah akan cahaya. Nah, bagi yang ingin merasakan sensasi dari dark mode dalam aplikasi WhatsApp, bisa langsung memperbaharui aplikasi chattingan ini dengan mengunjungi tautan yang tertuju untuk Android ataupun iOS.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan dark mode WhatsApp setelah mengupdate pembaruan, anda langsung dapat mengaktifkan fitur melalui menu pengaturan, yang tepatnya di menu “Setting > Chats > dan Theme”.

Pada menu “Theme”, klik pilihan “Dark”, lalu klik tombol “OK” untuk mengaktifkan fitur dark mode. Beberapa detik kemudian, WhatsApp yang akan berubah tampilan menjadi warna serba hitam. Selain diaktifkan lewat aplikasi, pengguna yang sistem operasi perangkatnya sudah Android 10 atu iOS 13 juga bisa mengaktifkan mode gelap.