Kampus Ini Sediakan Vending Machine Berisi Alat Tes Covid-19 Gratis

Sahmitra — University of California, San Diego kini menyediakan vending machine berisi alat tes Covid-19 gratis bagi mahasiswanya. Mesin penjual otomatis ini tersedia 11 lokasi strategis di penjuru kampus.

Menyadur laman CNN, pada Jumat (08/01), semua yang disediakan oleh kampus ini bersifat mandiri karena mahasiswa tak memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan tes Covid-19.

Pengguna dapat menyeka hidungnya sendiri dan mengembalikan sampel mereka ke mesin dalam waktu 72 jam dan hasil tes akan diberikan melalui aplikasi UC San Diego.

Mahasiswa diwajibkan melakukan tes Covid-19 seminggu sekali sedangkan karyawan kampus harus menjawab pemeriksaan gejala harian dan tes Covid-19 setiap minggu.

Universitas ini bukan satu-satunya yang memiliki vending machine berisi alat tes Covid-19. Sejak 7 Desember lalu, warga Hong Kong juga bisa mengakses alat tes serupa dari mesin ini di stasiun transit.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)

Latvia juga memasang mesin penjual otomatis untuk pengujian pada 11 Desember 2020, di Rumah Sakit Universitas Klinis Pauls Stradins di kota Riga.

Sementara itu, angka kasus virus corona semakin melnjak di dunia. Berdasarkan informasi Worldometers hari ini, sebanyak 88.368.358 orang di seluruh dunia terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Dari jumlah itu, 63.454.087 orang telah dinyatakan sembuh, sedangkan, 1.904.030 orang dinyatakan meninggal seluruh dunia.