Karyawan ini resign dan kabur setelah HRD salah mentransfer 286 kali lipat dari gaji yang seharusnya

SAHMITRA – Melansir Diario Financiero, situs berita keuangan Republik Chili, seorang karyawan yang bekerja di Consorcio Industrial de Alemintos (Cial), sebuah perusahaan yang merupakan salah satu produsen daging potong dingin terbesar di Chili, telah menerima transferan gaji atau upah sebanyak 286 kali lipat dari upah per bulan yang seharusnya.

Perusahan telah melakukan sebuah kesalahan dengan mengirimkan uang sebesar 165,398,851 Chili Peso atau sekitar Rp. 2,450,043,259 ke rekening karyawan tersebut. Dimana sebenarnya gaji per bulan karyawan tersebut adalah 500,000 Chili Peso atau Rp. 7,406,470.

Segera setelah HRD menemukan kesalahan tersebut, salah satu staf HRD langsung menghubungi karyawan yang bersangkutan untuk berdiskusi mengenai kesalahan transfer itu. Karyawan itu mengatakan akan pergi ke Bank keesokan paginya untuk mengembalikan kelebihannya. Namun yang terjadi adalah karyawan tersebut malah tidak masuk kerja di hari berikutnya.

Dan tidak hanya tidak pernah muncul lagi di tempat kerja, karyawan itu juga sudah tidak bisa lagi dihubungi.  Staf HRD sudah terus-menerus berusaha untuk menelepon, mengirim pesan dan menghubungi lewat WhatsApp karyawan tersebut namun sama sekali tidak ada tannggapan.

Kemudian pada 02 Juni, karyawan berjenis kelamin laki-laki itu mengajukan pengunduran diri lewat pengacara yang dia sewa. Sekarang, Cial telah melayangkan tindakan hukum terhadap, yang kini adalah mantan karyawan dan berusaha untuk mengambil kembali uang mereka.