Kasihan! Bule Menangis di Pinggir Jalan, Ternyata …

sahmitra.com — Sungguh malang nasib seorang turis wanita asal Rusia ini. Dirinya yang kehilangan ponsel seharga Rp 20 juta saat sedang berjalan kaki di kawasan Badung, Bali. Videonya sesaat setelah dijambret ini viral di media sosial. Wanita asing tersebut tampak sedang menangis di depan warung makan karena kehilangan ponselnya itu.

Dilansir dari Kompas.com, pada Rabu (08/07/2020), sebuah video seorang Warga Negara Asing (WNA) yang menangis diduga menjadi korban penjambretan, di Jalan Braban, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung Bali, viral dimedia sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @infobadung pada hari Rabu (08/07/2020) lalu. Dalam video yang singkat itu, terlihat bahwa seorang turis asing yang duduk jongkok di depan warung makan sembari menangis tersedu.

“WNA tersebut kehilangan handphone yang dijambret oleh pelaku. Pelaku seorang pria mengendarai sepeda motor PCX warna hitam,” tulis akun Instagram @infobadung dalam keterangan unggahannya.

Diketahui bahwa turis asing tersebut adalah Alena Kartaeva, seorang warga negara Rusia. Peristiwa yang terjadi pada hari Selasa (07/07/2020) lalu itu berawal saat Alena hendak mencari makan dengan berjalan kaki sekitar pukul 15.00 WIB.

Baru 100 meter ke luar dari kawasan villa yang ditinggalinya, tiba-tiba punggung Alena ditepuk oleh pengendara motor. Dirinya terjatuh dan ponsel iPhone 11 Max Pro miliknya raib dibawa kabur. Alena kemudian ditolong warga sekitar yang melihat kejadian itu.

Setelah kejadian tersebut, Alena yang langsung melaporkan penjambretan tersebut ke Polres Badung. Menurut Kasubag Humas Polres Badung Iptu Oka Bawa, kini anggotanya sedang melakukan penyelidikan dan berusaha untuk menangkap si pelaku.

“Polsek Kuta Utara telah menerima laporan tentang terjadinya kasus jambret dengan korban orang asing,” kata Oka dalam keterangan tertulis, pada Rabu (08/07/2020).

Melihat video unggahan @infobadung tersebut, netizen yang langsung merespon kejadian tersebut di kolom komentar. Hingga kini unggahan tersebut sudah ditonton lebih dari 62 ribu kali.

Netizen menyayangkan kejadian itu. Banyak yang mengatakan bahwa kejadian itu bisa membawa nama Indonesia menjadi buruk di mata turis asing.

@yan.dyaan: “Bikin nama indonesia jelek, bakar aja klo ketemu”

@d.ewiariani: “Ini lo yg bakal buat wisatawan takut ke Bali :)”

@dwisuantara: “Desa adatnya turun dong terus keliling” jaga daerahnya biar ga terus”an ada jambret gitu kasian kalo ada yg dijambret lagi”

@roley_agung: “Ini , ini , ini dh yg bikin pariwisata menurun , astaga”

Kasus penjambretan ini memang sudah banyak dialami oleh turis saat berada di Bali. Kasus tersebut harus menjadi pusat perhatian pemerintah setempat dan aparat berwajib agar para turis tak takut berwisata ke Bali.