Kloset Duduk Bekas Adolf Hitler Dilelang, Dibuka dengan Harga Rp 70 Juta

Sahmitra — Kloset duduk yang pernah dipakai tokoh Nazi, Adolf Hitler, akan dilelang dan menjadi peninggalan satu-satunya yang tidak biasa dari Perang Dunia Kedua.

Menyadur dari laman Daily Mirror, pada Selasa (2/2/2021) kloset tersebut dikatakan dijarah oleh seorang tentara Amerika Serikat dari kamar mandi pribadi pemimpin Nazi tersebut di retret Berghof, Pegunungan Alpen Bavaria.

Kloset tersebut akan dilelang oleh Alexander Historical Auctions, diperkirakan akan terjual sekitar 15.000 dolar Rp 210 juta. Kloset itu akan dilelang dengan tawaran awal sebesar 5.000 dolar tau sekitar Rp 70,2 juta.

Para pelelang mendeskripsikan kloset itu sebagai ‘salah satu barang paling menarik dari peninggalan Perang Dunia II.’

Kloset tersebut terdiri dari dudukan toilet kayu dua bagian dengan tutup bertuliskan oleh G.I. dari kamar mandi Adolf Hitler di retretnya.

Ukuran panjangnya 19 inci dan lebarnya 16 inci, dengan dua engsel baja berlapis chrome yang menghubungkan dua bagian kloset.

Menurut keterangan, kloset tersebut belum pernah disentuh sejak tersimpan di ruang bawah tanah rumah keluarganya.

M.P. Ragnvald C. Borch, salah satu orang Amerika pertama di tempat kejadian dan fasih berbahasa Jerman dan Prancis, dilaporkan masuk ke reruntuhan Berghof ketika dia dikirim untuk bekerja sama dengan Blindee Divisi 2ieme Prancis.

Ketika dia tiba di tempat, tentara itu diberitahu untuk mengambil apa yang ia inginkan dan dia berjalan ke kamar tidur Hitler, mengambil rompi lapis baja Perang Dunia I serta dua lukisan minyak.

Dia dikatakan juga melihat kloset duduk dan melepaskannya, ketika ditanya untuk apa kloset tersebut, dia menjawab: “Menurut Anda di mana Hitler meletakkan pantatnya? “

Selain kloset, foto, catatan layanan Borch, dan artikel berita New Jersey tahun 2001 tentang sejarah relik juga ikut dilelang.

“Orang hampir tidak bisa membayangkan yang dilakukan tiran sambil merenungkan dunia dari atas tempat ini.” ujar salah satu juru lelang.