Lanjutan misteri pembunuhan Gabby Petito, tersangka utama Brian Laundrie akhirnya ditemukan

SAHMITRA – Setelah hampir dua bulan lamanya sejak Brian Laundrie dinyatakan menghilang, pengacara keluarga Laundrie akhirnya mengumumkan bahwa jasad Brian telah ditemukan pada 20 Oktober. Brian merupakan tersangka utama atas terbunuhnya Gabby Petito, seorang vlogger perjalanan asal Amerika Serikat yang sekaligus adalah tunangan dari Brian.

Gabby Petito dilaporkan menghilang oleh keluarganya pada 11 September, yang ketika itu tengah melakukan perjalanan melintasi Amerika Serikat dengan menggunakan mobil Van bersama dengan Brian. Laporan tersebut dibuat oleh keluarga Petito karena mereka hilang kontak dengan Gabby sejak akhir Agustus dan setelah mendengar kabar bahwa Brian pulang kerumahnya tanpa Gabby.

Satu hari setelah laporan Gabby menghilang, Brian yang merupakan satu-satunya orang yang memiliki kemungkinan terbesar untuk mengetahui keberadaan Gabby, ikut menghilang. Dan kedua orangtua Brian terkesan menutupi informasi keberadaan putera mereka.  Karena dua hal tersebut, akhirnya FBI mengumumkan dan menyatakan Brian sebagai orang yang dicurigai atas menghilangnya Gabby.

Pada 17 September, orangtua Brian Laundrie melayangkan laporan atas menghilangnya Brian dan menyerahkan senjata api yang mereka miliki dan mengatakan bahwa salah satu dari senjata itu ada yang hilang. Gabby dan Brian, keduanya dinyatakan hilang dan pencarian atas keduanya lalu gencar dilaksanakan oleh pihak kepolisian wilayah setempat dan campur tangan FBI karena kasus ini telah menyita banyak pehatian oleh publik.

Akhirnya pada 19 September, jasad Gabby Petito ditemukan di area Wyoming dan kematiannya dinyatakan sebagai pembunuhan dengan pencekikan. FBI lagi-lagi mengaitkan nama Brian Laundrie sebagai orang yang dicurigai dalam pembunuhan Gabby.

Brian masih belum diketahui keberadaannya ketika itu, sementara pencarian atas dirinya masih berlangsung. Semenjak berita menghilangnya Gabby, kasus ini telah menjadi pusat perhatian karena Gabby adalah seorang influencer yang memiliki cukup banyak followers. Banyak yang mengangkat kasus menghilang dan akhirnya ditetapkan sebagai kasus pembunuhan ini menjadi topik di media sosial.

Bahkan banyak pihak yang muncul dan secara sukarela ikut melakukan pencarian terhadap Brian Laundrie. Salah satunya adalah Dog The Bounty Hunter. Dog the Bounty Hunter adalah sosok bintang televisi Amerika yang terkenal sebagai pemburu hadiah. Pada tahun 2003 dia mendulang ketenaran setelah berhasil menangkap Andrew Luster, pembius dan pemperkosa, di Meksiko. Namun sayangnya Dog The Bounty Hunter tidak berhasil menemukan Brian Laundrie kali ini.

Akhirnya, pada 20 Oktober jenazah Brian Laundrie ditemukan di bawah air di area Carlton Reserve. Brian meninggal karena bunuh diri dengan luka tembak di kepala. Ayah Brian, yang ikut mencari dengan pihak berwenang pada hari jenazah putranya ditemukan, menemukan sebuah buku catatan di dekat tempat mayat Brian ditemukan.

Hingga kini belum ditemukan motif pembunuhan dan bahkan pihak kepolisian belum bisa menetapkan mendiang Brian sebagai pelaku utama karena statusnya hingga jasadnya ditemukan adalah orang yang dicurigai bertanggung jawab atas pencekikan yang berujung kematian yang dialami oleh mendiang Gabby Petito. Para ahli sangat berharap pada buku catatan yang ditemukan di area penemuan jasah Brian itu bisa menjadi kunci dalam mendapatkan informasi lebih lanjut atau mungkin bukti-bukti kuat untuk bisa mendakwa Brian, apabila memang betul Brian lah yang melakukan.