Malaysia Perpanjang Pembatasan Sosial Hingga Akhir 2020

Sahmitra — Pemerintah Malaysia memutuskan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar hingga akhir 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Seperti dilansir Associated Press, Senin (31/8), keputusan itu disampaikan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin. Dia menyatakan selain membatasi pergerakan penduduk, Malaysia juga untuk sementara melarang kedatangan wisatawan asing.

Malaysia menghadapi klaster baru kasus virus corona (Covid-19) secara acak. Namun, mereka menyatakan sudah berhasil mengendalikan situasi.

Kasus infeksi Covid-19 di Negeri Jiran sudah melewati 9.000 orang. Sebanyak 125 pasien di antaranya meninggal.

Muhyiddin menjamin perpanjangan pembatasan sosial tidak akan menghambat kegiatan sehari-hari penduduk, sebab sebagian besar kegiatan usaha dan sekolah tetap berjalan.

Mereka hanya mewajibkan tempat hiburan malam, kelab, dan tempat rekreasi tutup sementara. Malaysia juga tidak menggelar kompetisi olahraga tingkat dunia untuk sementara.

Selain itu, penjagaan perbatasan tetap diperketat, dan orang-orang yang tiba dari luar negeri diwajibkan melakukan karantina selama dua pekan.