Gawat! Sekelompok Monyet di India Rampas Sampel Darah Pasien Corona

Sahmitra.com — Segerombol monyet datang menyerang tenaga medis yang tengah membawa botol berisi sampel darah pasien Corona. Salah satu dari sekelompok itu berhasil membawa kabur botol yang berisikan tiga sampel darah.

Menyadur laman NDTV, pada Jumat (29/05/2020) kejadian ini terjadi di kawasan Sekolah Kedokteran Meerut di Uttar Pradesh, India, pada pekan ini.

Pihak sekolah yang telah mengonfirmasikan kejadin ini dan menyebut bahwa sampel darah yang dicuci ini bukan hasil usap tenggorokan melainkan sampel darah pasien yang positif terinfeksi Virus Corona.

“Itu bukan sampe tes Covid-19, tapi sampel darah dari pasien Covid-19 yang digunakan untuk tes rutin,” ujar Dr SK Garg, Kepala Sekolah Kesehatan Meerut.

“Sampel tes virus corona diletakkan di kotak pendingin yang terkunci, bukan di tempat terbuka,” sambung Garg.

Untuk itu Garg, menyatakan bahwa warga sekitar lingkungan sekolah tidak perlu merasa khawatir akan adanya penyebaran virus tersebut akibat insiden ini.

Meskipun demikian, Garg mengatakan tidak jelasnya apakah monyet-monyet tersebut bisa tertulara Virus Corona jika bersentuhan dengan darah yang terinfeksi, dikutip Channel News Asia.

“Tak ada bukti yang telah ditemukan bahwa monyet-monyet dapat terjangkit infeksi,” tambah dia.

Sebagai informasi, India mencatat bahwa total kasus infeksi Virus Corona sudah menyentuh angka 169.011 dengan 4.820 kematian. Untuk Jumat (29/05) kemarin, ada penambahan kasus sebanyak 3.625 dan 109 kematian baru.