Niat Hati Beli Burger, Ujungnya Dicegat Polisi dan Didenda Hampir Rp 4 Juta

SAHMITRA — “Sekelompok teman” dari alamat yang berbeda didenda oleh kepolisian Inggris, karena melanggar aturan karantina wilayah (lockdown) virus corona di Inggris, dengan berkendara menempuh jarak 100 km lebih untuk mengunjungi McDonald’s, demikian dilaporkan BBC.

Mereka memberitahu Kepolisian Staffordshire bahwa mereka telah berkendara dari Manchester ke Uttoxeter, sebuah kota pasar di Staffordshire, Inggris, untuk mengunjungi McDonald’s. Jarak antara Manchester ke Uttoxeter sekitar 109 km.

Pihak kepolisian mengatakan, keempat penumpang mobil tersebut, yang diberhentikan di Uttoxeter pada Jumat (15/1/2021) malam waktu setempat, semua dikenai denda sebesar 200 poundsterling (Rp 3,8 juta), ungkap BBC yang dilansir Xinhua.

Melalui Twitter, pihak kepolisian mengatakan kelompok tersebut tidak memiliki “alasan yang valid untuk berada di sini selain pergi ke McDonald’s!” dan mengingatkan orang-orang untuk “tetap berada di rumah kecuali jika diperlukan.”

Pembatasan Covid-19 yang diterapkan saat ini melarang warga meninggalkan rumah untuk bertemu secara sosial dengan siapa pun yang tidak tinggal bersama atau tidak berada dalam kelompok pendukung (support bubble).

Warga Inggris didorong untuk tetap berada di rumah guna meredam lonjakan penularan virus corpna di negara itu.

Inggris saat ini memberlakukan lockdown nasional ketiga sejak merebaknya pandemi di negara tersebut.

Langkah pembatasan serupa juga diterapkan di Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.