Nyaris Tewas Saat Menyanyi Dengan Nada Tinggi

sahmitra.com  —  Seorang wanita yang berusia 55 tahun di China nyaris tewas saat karaoke dikarenakan pembuluh darah di otaknya itu pecah ketika ia mencoba untuk bernyanyi dengan nada yang tinggi.

Menyadur laman World of Buzz pada Kamis (02/07/2020) wanita yang bermarga Zhang ini langsung dilarikan ke rumah sakit Dalian Municipal Central Hospital dikarenakan sakit kepala dan tiba-tiba saja muntah.

Dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa adanya 2,5 milimeter aneurisma, pelebaran pembuluh darah yang kemudian pecah di otak Zhang. Untuk menyelamatkan nyawanya, dirinya harus dengan segera dioperasi.

Setelah pembedahan otak selama hampir dua jam itu, Zhang yang akhirnya bisa selamat dan kini sedang menjalani masa pemulihan.

Menurut penjelasan dokter yang menangani, Zhang kemungkinan sudah memiliki aneurisma tanpa disadari, sehingga nada tinggi yang ia nyanyikan saat karaoke ini menekan pembuluh darah sampai pecah.

Wanita ini juga diketahui menderita kencing manis dan tekanan darah tinggi. Dua penyakit ini yang sebenarnya jadi biang kerok dari musibah tragis Zhang.

Meskipun Zhang yang nyaris tewas karena bernyanyi nada tinggi, dokter mengatakan bahwa tak ada korelasi langsung antara karaoke dengan pecahnya pembuluh darah.

Namun ia menyebutkan bahwa berteriak ekstrem dapat menyebabkan pendarahan vokal yang juga melibatkan pecahnya pembuluh darah.

Pendarahan vokal yang terjadi ketika pembuluh darah di pita suara pecah dan bocor darah ke damina propia dangkal (SLP). Hal ini mengganggu getaran pada pita suara dan biasanya menyebabkan gangguan suara yang parah (disfonia).

Maka dengan kata lain, perubahan atau kehilangan suara mungkin merupakan tanda perdarahan.