Penjaga Hutan Disergap dan Diserang Kelompok Bersenjata, 6 Orang Tewas

Sahmitra — Sekelompok orang bersenjata menyergap para penjaga hutan di Kongo dan menewaskan sedikitnya enam penjaga hutan.

Selain itu, beberapa korban juga mengalami luka-luka akibat penyergapan itu. Aksi keji tersebut terjadi di Taman Nasional Virunga, Kongo.

Taman nasional tersebut merupakan tempat perlindungan bagi gorila gunung yang terancam punah sebagaimana dilansir dari The Guardian, pada Senin (11/1/2021).

Juru Bicara Taman Nasional Virunga Olivier Mukisya mengatakan bahwa identitas para penyerang tersebut masih belum jelas hingga saat ini.

“Kami mengonfirmasi berita duka ini. Sekelompok pria bersenjata menyerang kami di wilayah Nyamitwitwi di tengah Taman Nasional Virunga,” kata Mukisya kepada Reuters.

Sebelumnya, para penjaga hutan memang menjadi target sasaran oleh berbagai kelompok milisi yang ingin menguasai tanah dan sumber daya alam di Kongo timur.

Jika ditotal, lebih dari 200 penjaga hutan dilaporkan tewas akibat serangan dari berbagai kelompok milisi tersebut.

Insiden paling mematikan terjadi pada 12 April 2020 yang dianggap sebagai perangan paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Hingga saat ini, tercatat ada puluhan kelompok bersenjata yang masih beroperasi di Kongo timur.

Di antara kelompok milisi itu, banyak yang merupakan sisa-sisa kekuatan milisi yang bertempur dalam perang saudara di Kongo pada akhir 1990-an.

Perang saudara tersebut mengakibatkan jutaan kematian akibat konflik, kelaparan, dan penyakit. Taman Nasional Virunga berada di gunung berapi yang tertutup hutan di Afrika tengah.

Taman nasional tersebut merupakan rumah bagi lebih dari setengah populasi gorila gunung di seluruh dunia. Taman Nasional Virunga juga merupakan taman nasional tertua di Afrika dengan luas 7.800 kilometer persegi.