Penjaga Kebun Binatang Digigit Unta hingga Alami Luka Serius

Sahmitra — Seorang penjaga kebun binatang di Jerman mengalami luka serius setelah wajahnya digigit oleh seekor unta. Insiden tersebut terjadi di Kebun Binatang Perleberg di wilayah utara Jerman sebagaimana dilansir dari The Independent, Senin (18/1/2021).

Penjaga kebun binatang yang tidak disebutkan identitasnya itu awalnya membersihkan kandang unta sekaligus memberi hewan-hewan itu makan.

Tiba-tiba saja, seekor unta berbalik badan dan langung menggigit wajah penjaga kebun binatang berusia 54 tahun itu. Setelah itu, korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan setelah mendapat luka yang serius.

Saat ini, kebun binatang yang terletak di antara Berlin dan Hamburg tersebut ditutup karena adanya pembatasan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Luka pada manusia yang disebabkan oleh gigitan unta jarang terjadi, tetapi serangan tersebut dapat menyebabkan luka yang parah dan seringkali fatal.

Unta jantan juga dikenal lebih agresif selama musim kawin. Selain itu, beberapa serangan hewan di kebun binatang terhadap manusia juga beberapa kali dilaporkan terjadi.

Pada September 2020, seorang penjaga kebun binatang terluka parah di Kebun Binatang Madrid, Spanyol, setelah diserang oleh seekor gorila.

Wanita berusia 46 tahun itu dikabarkan mengalami cedera kepala, trauma dada dengan beberapa patah tulang, dan serta dua lengan patah. Korban dilarikan ke Madrid Clinical Hospital dalam kondisi serius sebagaimana dilansir dari Mirror.

Kepolisian Kota Madrid mengklasifikasikan insiden tersebut sebagai kecelakaan kerja.

“Mengingat kejadian yang terjadi pagi ini dengan penjaga gorila dari Kebun Binatang Madrid, kami membagikan catatan resmi kami dan harapan kami agar pekerja ini dapat segera pulih,” ujar Kebun Binatang Madrid dalam sebuah pernyataan.

Pada Mei 2020, seorang penjaga kebun binatang dianiaya oleh dua ekor singa di Australia. Wanita berusia 35 tahun itu terluka parah di Kebun Binatang Shoalhaven, New South Wales. Korban lantas dilarikan ke rumah sakit.