Posting Foto Tak Wajib Pakai Masker, Restoran di AS Ini Tuai Kecaman

Sahmitra — Sebuah restoran di Florida menjadi buah bibir setelah memposting sebuah poster yang menunjukkan jika para pengunjung tidak harus memaki masker, di tengah pandemi Covid-19 yang masih menyerang negara tersebut.

Menyadur dari laman New York Post, pada Rabu (17/2/2021) Beckyjack’s Food Shack yang terletak di Spring Hill, Hernando County, menjadi kontroversi setelah memposting sebuah foto di halaman Facebooknya.

Foto tersebut menunjukkan sebuah peringatan yang menampilkan sebuah masker yang dicoret.

“Popok wajah tidak diperlukan. Semua orang boleh masuk.” tulis keterangan di foto tersebut.

“Halo Teman-teman! Selamat Hari Valentine. Pengingat yang ramah bahwa kami TIDAK memerlukan Masker.” bunyi caption di postingan tersebut.

Sejak diunggah, postingan tersebut telah mengumpulkan sekitar 1.700 reaksi, 2.000 komentar, dan 373 kali dibagikan.

Jesse Fox, selaku owner dari restoran tersebut berbicara kepada WFLA bahwa dia hanya ingin memberi tahu pelanggan dan staf tentang kebijakan restoran tersebut.

“Kami membuat postingan hanya mencoba untuk proaktif membiarkan semua orang tahu apa persyaratan masker wajib atau tidak di Beckyjack karena beberapa orang datang … terkejut bahwa kami tidak memakai masker,” kata Fox.

“Kami mendapat banyak sekali tanggapan baik positif maupun negatif.” jelasnya.

Salah satu warganet menuliskan komentator di postingan tersebut dengan nada mengecam dan menyebut tindakan restoran “sangat menjijikkan”.

“Sialan Anda benar-benar mengatakan ‘keuntungan lebih penting daripada kesehatan masyarakat. Cukup menjijikkan, imo.” tulis orang itu.

“Jadi… Anda tidak suka mengikuti pedoman kesehatan dan kebersihan?” tulis warganet lain.

“Saya akan makan salmonella dengan udara sejuk saya terima kasih.”

Situs CDC mengatakan bahwa keputusan tentang aturan masker di restoran diserahkan kepada pemerintah County – dan Fox mengatakan bahwa itu tidak diwajibkan di Hernando County.

Jika pemerintah meminta pelanggan restoran untuk menggunakan masker, dia akan mengikuti aturan itu, katanya.

“Saya tidak merasa seperti melawan arus,” katanya kepada outlet.

“Saya merasa seperti saya menggunakan akal sehat.”