Sahar Tabar Sebelum dan Sesudah Jadi “Zombie Angelina Jolie”, Berikut Profilnya…

Sahmitra — Nama Sahar Tabar mencuat lagi belakangan ini, setelah gadis Iran yang dijuluki “zombie Angelina Jolie” itu resmi dipenjara 10 tahun pada Sabtu (12/12/2020).

Menurut The Guardian, ” Zombie Angelina Jolie” menghasut anak-anak muda untuk korupsi dan tidak menghormati Iran sebagai Republik Islam.

Dia juga didakwa mengajak orang-orang untuk berbuat kekerasan, ketika ditangkap pada Oktober 2019 bersama tiga selebgram lainnya. TV pemerintah Iran menyiarkan pengakuannya pada akhir Oktober tahun lalu.

Pengacaranya kemudian mencoba membebaskan si “Zombie Angelina Jolie” pada April usai dia mengidap Covid-19 di penjara. Akun Instagram-nya juga dinonaktifkan.

Sahar Tabar selebgram Iran berjuluk Zombie Angelina Jolie dijatuhi hukuman penjara 10 tahun pada Sabtu (12/12/2020).

Lantas siapa sebenarnya Sahar Tabar dan apa motif perbuatannya? Sahar Tabar bukan nama asli. Gadis berusia 19 tahun itu sebenarnya bernama Fatemeh Khishvand, dan menggaet hampir 500.000 followers dengan mengunggah fotonya yang kurus kering bak mayat hidup atau zombie.

Di Iran dia terkenal sebagai selebgram, dan perubahan wajahnya kala sebelum dan sesudah bedah kosmetik sangat drastis. Bedah kosmetik beda dengan operasi plastik.

Jika operasi plastik sifatnya merekonstruksi wajah dan tubuh, bedah kosmetik fokus pada peningkatan penampilan pasien, mulai dari simetri, proporsi, dan estetika.

Bisa dilihat bagaimana hidung, tulang pipi, dan hampir seluruh wajah Sahar Tabar berubah drastis. Dia juga sering memakai wig dan baju berwarna cerah.

Namun orang-orang Iran banyak mengkritiknya karena mengubah penampilannya agar mirip aktris Angelina Jolie, tapi justru jadi seperti zombie. Dari situlah muncul julukan “zombie Angelina Jolie”.


Dilansir dari The Insider, nama Tabar mulai mengemuka di Iran pada sekitar 2017, setelah mengunggah foto dan video hasil bedah kosmetik dan make-up yang tebal.

Sebelum penangkapan pertamanya Tabar memiliki lebih dari 26.800 followers di Instagram. Akunnya lalu dibekukan setelah penangkapannya, tetapi beberapa orang sudah menyimpan foto-foto si “zombie Angelina Jolie”.

Tabar juga dikabarkan memiliki keahlian di dunia tarik suara. Beberapa kali dia mengunggah video dirinya menyanyikan lagu-lagu pop Iran sambil berjoget.

Menurut Radio Farda, Sahar Tabar menjalani lebih dari 50 bedah kosmetik, tetapi tidak diketahui tepatnya operasi apa saja yang dilakukannya sampai jadi “zombie Angelina Jolie”.

Dalam wawancara pada 2017 yang diterbitkan situs berita milik pemerintah Rusia, Sputnik, Sahar Tabar mengaku sudah menjalani operasi hidung, botox, dan sedot lemak.

BBC Persia melaporkan bahwa saat Tabar pertama kali muncul di headline media-media, banyak orang menduga dia mungkin sengaja membuat wajahnya seperti Angelina Jolie. Namun saat diwawancarai Sputnik dia membantah sengaja meniru wajah mantan istri Brad Pitt itu.

“Tidak pernah. Aku sama sekali tidak tertarik menjadi seperti Angelina Jolie, dan aku tidak berniat terlihat seperti karakter di Corpse Bride,” terangnya.

“Aku tahu aku memang memiliki beberapa kesamaan dengan mereka, tapi aku adalah diriku sendiri dan aku tidak mau terlihat seperti siapa pun. Itu bukan tujuanku.”

Di wawancara yang sama Sahar Tabar juga membeberkan penampilannya dibantu dengan make-up dan Photoshop. Dia menganggap penampilannya sebagai karya seni dan bentuk ekspresi diri.