Sebulan di Rumah Sakit, Pangeran Philip Akhirnya Pulang ke Istana Inggris

Sahmitra — Pangeran Philip dari Kerajaan Inggris kembali ke Kastil Windsor pada Selasa (16/3/2021). Suami Ratu Elisabeth II ini telah sebulan dirawat di rumah sakit karena infeksi dan menjalani prosedur jantung.

Philip, (99 tahun), dirawat di Rumah Sakit swasta King Edward VII di London pada 16 Februari, di mana dia dirawat karena infeksi. Dia kemudian dipindahkan ke unit perawatan jantung khusus di Rumah Sakit St. Bartholomew, sebelum kembali ke Raja Edward VII.

Fotografer yang berdiri di luar pintu rumah sakit swasta tersebut menangkap moment kepulangannya, dia duduk di belakang mobil hitam. Istana Buckingham kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi keluarnya Kakek Pangeran William dan Harry ini dari rumah sakit.

“Yang Mulia ingin berterima kasih kepada semua staf medis yang menjaganya di Rumah Sakit King Edward VII dan Rumah Sakit St Bartholomew, dan semua orang yang telah mengirimkan ucapan selamat,” kata istana dalam sebuah pernyataan melansir AP.

Penyakit Philip diyakini tidak terkait dengan Covid-19. Baik Philip dan Elizabeth menerima vaksin virus corona pada Januari. Mereka memilih untuk mempublikasikan masalah tersebut untuk mendorong orang lain agar mengambil vaksin tersebut.

Philip, juga dikenal sebagai Duke of Edinburgh, pensiun pada 2017. Dia jarang muncul di depan umum.

Sebelum dirawat di rumah sakit, dia telah menjalani isolasi di Kastil Windsor, sebelah barat London, bersama ratu. Penyakitnya datang ketika keluarga kerajaan diguncang oleh wawancara dengan Meghan, Duchess of Sussex, dan Pangeran Harry.

Dalam siaran yang mengejutkan, Meghan, yang merupakan seorang ras campuran, mengatakan istana telah gagal membantunya. Terutama saat dia memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Meghan juga mengungkapkan anggota keluarga kerajaan yang tidak dikenal telah mengungkapkan “keprihatinan” tentang warna kulit bayinya ketika dia hamil. putranya, Archie. Wawancara yang dilakukan oleh Oprah Winfrey, memecah belah orang di seluruh dunia.

Banyak yang mengatakan tuduhan itu menunjukkan perlunya perubahan di dalam istana yang tidak mengikuti gerakan #MeToo dan Black Lives Matter. Lainnya mengkritik Harry dan Meghan karena menjatuhkan “bom” mereka saat Philip dirawat di rumah sakit.

Menikahi dengan Putri Elizabeth pada 1947, Philip telah menjadi suami pemegang takhta terlama dalam sejarah Inggris. Ia dan ratu memiliki empat anak, delapan cucu dan sembilan cicit.