Seorang Wanita Alami Luka Bakar Parah karena Hand Sanitizer Terkena Api 

Seorang wanita mengalami luka bakar parah ketika ia menyalakan lilin dengan tangan yang menggunakan hand sanitizer. Melansir New York Post pada Jumat (04/09/2020), seorang wanita dari Texas dilaporkan mengalami luka bakar parah di hampir seluruh tubuhnya, pada awal pekan ini, karena hand sanitizer.

“Di mana pun saya mengoleskan hand sanitizer di tangan saya, itu membuat api membakar tangan saya,” kata Kate Wise kepada KHOU-TV di Houston.

Wise mengatakan, api itu kemudian menyebar, membakar wajahnya dan dalam hitungan 5 detik membakar hampir seluruh tubuhnya. Botol hand sanitizer di dekat lilin itu meledak saat api menyebar di tubuhnya.

Saat kepanikan itu terjadi, syukurnya Wise sempat melepaskan pakaiannya yang terbakar dan mengeluarkan putri dan seekor hewan peliharaannya dari rumahnya di Round Rock, Texas.

Dilaporkan stasiun tv setempat, 2 putrinya yang lain saat itu sudah berlari dahulu ke tetangga rumah mereka untuk meminta pertolongan. Hingga Kamis pekan ini, dia masih dalam pemulihan di unit perawatan intensif rumah sakit. Departemen Pemadam Kebakaran Round Rock sedang menyelidiki penyebab pasti kasus kecelakaan yang menimpa keluarga Wise.

Belajar dari kecelakaan Wise, para ahli memperingatkan para masyarakat bahwa hand sanitizer mengandung banyak bahan kimia yang di antaranya mengandung alkohol, yang mudah terbakar. Sebenarnya, di dalam kemasan botolnya telah diberi peringatan yang mengatakan untuk menjauhkan produk dari nyala api atau pembakaran.

Direktur Konsultasi Porgram Keselamatan dan Kesehatan Kerja Virginia, di Departemen Tenaga Kerja dan Industri dalam pernyataan di majalan Keselamatan dan Kesehatan, menyarankan untuk semua masyarakat bahwa saat menggunakan hand sanitizer lebih baik “menunggu cairannya sepenuhnya menyerap di dalam kulit atau menguap” sebelum melakukan kontak dekat dengan api.

“Alkohol isopropil (yang ada di hand sanitizer) sangat mudah terbakar,” katanya.

“Uap (bahan kimia) juga dapat membentuk campuran yang mudah meledak, dengan berpindah ke sumber penyulutan dan membakar. Ini bukanlah cairan yang terbakar, itu adalah uap yang terbakar,” terangnya.