Taiwan Target Vaksinasi 60 Persen Penduduk Termasuk Lansia

Sahmitra — Pemerintah Taiwan menargetkan melakukan vaksinasi virus corona (Covid-19) terhadap 60 persen penduduk, dengan mengutamakan tenaga kesehatan serta kelompok umur usia lanjut.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (15/12), menurut penjelasan pemerintah Taiwan, target vaksinasi sebesar 60 persen dari populasi itu meliputi sekitar 15 juta orang penduduk.

Menurut Wakil Direktur Pusat Komando Epidemi Taiwan, Jing Hui Yang, kelompok yang diutamakan untuk mendapatkan vaksinasi selain tenaga kesehatan adalah para petugas lain di lapangan seperti polisi, tentara, pemadam kebakaran dan anggota Dinas Kebencanaan.

Setelah itu, lanjut Yang, mereka akan mengutamakan kelompok masyarakat usia lanjut dan penduduk yang memiliki penyakit kronis untuk disuntik dengan vaksin.

Yang menyatakan pemerintah Taiwan akan membeli vaksin Covid-19 dari lembaga kerja sama multilateral binaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), COVAX.

Selain itu, Taiwan juga masih berusaha membeli vaksin dari sejumlah perusahaan farmasi yang sudah menyelesaikan uji klinis tahap tiga.

Akan tetapi, sampai saat ini COVAX belum memulai mengirimkan vaksin kepada negara-negara yang menjadi peserta. Lembaga itu dibuat dengan tujuan pemerataan vaksin ke seluruh dunia.

Pemerintah Taiwan memperkirakan vaksin Covid-19 pesanan mereka akan tiba pada 2021 mendatang. Menurut Yang, proses vaksinasi juga akan memakan waktu tidak sebentar, karena harus melalui tahap sosialisasi hingga penyuntikan.

Menurut data penyebaran virus corona yang dibuat Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, kasus Covid-19 di Taiwan tercatat sebanyak 740 orang, dengan 7 pasien meninggal.