Tak Cukup Membeli Masker, Gunakan Ini untuk Lindungin Wajah

Negara India saat ini sudah menjadi salah satu negara di Asia dengan kasus Virus Corona terbanyak, bahkan sudah melewati China. Sebagai salah satu upaya untuk menekan penularan, lockdown diterapkan dinegara tersebut.

Salah satu upaya untuk menjaga aturan lockdown tetap dijalankan, para aparat negara India dikerahkan. Ada juga kejadian unik terjadi saat pengawasan yang dilakukan oleh Polisi India.

Seorang pemuda di India membuat selembar uang Rupee menjadi maskernya. Kejadian tersebut terjadi didekat Blok L Shastri Nagar di Meerut pada hari Sabtu (16/05/2020).

Dua orang pemuda yang bernama Amir dan Mehboob yang mengendarai motor di Meerut, yang satu menutupi wajahnya dengan saputangan dan yang lain tanpa masker setelah bertemu dengan beberapa polisi di jalan.

Seorang pemuda yang tidak menggunakan masker, segera mengeluarkan uang kertas 10 rupee dan menempelkannya di mulut sebagai masker wajah yang inovatif. Melihat kejadian tersebut, polisi justru memberi hadiah pada mereka yakni dua masker wajah dan sebuah FIR atau surat tilang.

Petugas Circle of Civil Lines, Sanjeev Deshwal, mengatakan kepada TOI,

“Ketika melihat dua pemuda tersebut saya sedang bertugas. Yang depan mengenakan saputangan. Ketika polisi melihat pembonceng, ia dengan cepat menempelkan uang 10 rupee untuk menutupi mulutnya.”

Sumber kepolisian mengatakan bahwa kedua pemuda itu justru bekerja sebagai pekerja kontrak di kota Meerut.

Ketika ditanya tentang aksinya itu, Amir justru curhat sebab dirinya tidak memiliki cukup uang untuk membeli sebuah masker.

“Masker seharga 40 Rupee dan saya hanya punya 10 Rupee. Jadi, saya menggunakannya sebagai topeng. Kami tinggal di daerah Parikshitgarh di kabupaten itu dan datang ke kota untuk mengambil gaji dari majikan kami.” jelasnya.

Amir menambahkan bahwa dirinya sekarang lebih bersyukur bisa mengenakan masker yang diberikan oleh polisi daripada uang kertas 10 rupee.