Tak Masuk Akal, Nenek Dihukum Akibat Unggahan Facebook

Seorang nenek di Belanda dibawa ke jalur pengadilan akibat dia tidak mau menghapus foto-foto cucunya sendiri yang telah diunggah ke Facebook dan Pinterest tanpa seijin orangtuanya itu.

Hanya karena masalah sepele, perkara tersebut harus sampai dimeja hijau setelah perselisihan antara seorang nenek dengan putrinya. Ibu dari cucu yang fotonya diunggah oleh sang nenek, telah meminta beberapa kali agar foto itu dihapus.

Dilansir dari BBC News, pengadilan Belanda memutuskn seorang wanita harus menghapus foto-foto cucunya yang dia posting di Facebook dan Pinterest tanpa izin orangtuanya.

Hakim yang memutuskan bahwa kasus ini masuk dalam lingkup Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) UE. Seorang pakar mengatakan putusan  itu mencerminkan “posisi yang diambil Pengadilan Eropa selama bertahun-tahun lamanya”.

GDPR tak berlaku untuk pemrosesan data “murni pribadi” atau “rumah tangga”. Namun, itu tak berlaku karena memposting foto di media sosial membuatnya menyebar ke khalayak luas.

“Melalui Facebook, tidak dapat disangkal bahwa foto-foto yang diunggah dapat dibagikan dan mungkin berakhir di tangan pihak yang tidak bertanggung jawab,” bunyi aturan tersebut.

Sang nenek yang harus menghapus foto atau membayar denda sebesar € 50 euro atau sekitar Rp 805 ribu untuk setiap harinya jika tidak mematuhi keputusan hakim, hingga maksimum denda €  1.000 euro atau sekitar Rp 16 juta.

Jika sang nenek mem-posting lebih banyak foto anak-anak di masa mendatang, maka dia akan dikenakan dengan tambahan sebesara 50 per harinya.

“Saya pikir putusan itu akan mengejutkan banyak orang yang mungkin tidak berpikir panjang sebelum mereka men-tweet atau mem-posting foto,” kata Neil Brown, seorang pengacara teknologi di Decoded Legal.