Tularkan Corona, Spanyol Musnahkan 10.000 Ribu Cerpelai

sahmitra.com — Kementerian Pertanian Spanyol memerintahkan pemusnahan hampir 10 ribu ekor cerpelai di peternakan daerah Aragon. Alasannya karena tes membuktikan sekitar 87 persen hewan telah terinfeksi oleh virus Corona.

Di beberapa negara Eropa, cerpelai memang sengaja dipelihara untuk diambil bulunya.

Menteri Pertanian Joaquin Olona menjelaskan kasus terungkap setelah salah satu istri dari peternak cerpelai dilaporkan jatuh sakit. Tes menemukan ia terinfeksi oleh virus Corona, begitu juga dengan sang suami dan enam orang peternak lainnya.

Joaquin mengaku belum mengetahui pasti apakah virus bisa menular dari cerpelai ke manusia atau sebaliknya. Namun, untuk berjaga-jaga pihaknya memutuskan memusnahkan cerpelai dan para peternak akan mendapat ganti rugi.

Sebelumnya kasus serupa juga pernah dilaporkan terjadi di Belanda. Pada bulan Mei lalu dua peternak disebut jatuh sakit terinfeksi virus Corona dari cerpelai.

Epidemiolog Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Maria van Kerkhove, mengakui adanya kemungkinan penularan virus dari cerpelai ke manusia dan sebaliknya.

“Kami sedang mempelajari apa dampak hal ini terhadap transmisi virus dan peran dari hewan cerpelai,” kata Maria seperti dikutip dari BBC, pada Jumat (17/7/2020)