Video Viral Wanita Diduga Gangguan Jiwa Melahirkan Di Tepi Jalan!

Sahmitra.com — Ada sebuah video viral yang memperlihatkan seorang perempuan melahirkan di tepi jalan, menurut informasi warga sekitar wanita itu adalah penderita gangguan jiwa. Peristiwa ini terjadi di tepi jalan Dr Wahidin, Kecamatan Majenang tepatnya di Desa Sindangsari, RT 06 RW 01 pada Senin (01/06/2020) pagi sekitar pukul 07.15 WIB.

Dalam video tersebut, terlihat warga yang sedang berkerumun disekitar wanita yang baru saja melahirkan. Beruntungnya banyak yang membantu dan persalinan berjalan dengan lancar.

Proses persalinan wanita itu rupanya dibantu oleh seorang bidan desa dan petugas medis dari salah satu rumah sakit swasta di daerah setempat. Warga yang ikut melihat juga ada yang mengambilkan kain untuk menghalangi warga ketika proses persalinan.

Selain itu juga, mereka merawat sang bayi dimulai dari memandikan, memaikan pakaian sampai memberikannya selimut supaya bayi merasa lebih hangat dan nyaman.

BACA JUGA : Banting Istri karena Minta Uang Belanja Bulanan!

Sebelumnya, seorang warga yang bernama Pujo mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan laporan ke RSUD Majenang saat melihat wanita dengan gangguan mental itu hendak melahirkan.

Usai melahirkan langsung dibawa ke RSUD. Bayinya sehat, jelasnya.

Selain itu, Tindar Aji Pramono, Koordinator Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK) Kabupaten Cilacap juga membenarkan kejadian itu. Dirinya juga melaporkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cilacap untuk penanganan yang lanjut terkait kejadian tersebut.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait termasuk Dinsos,” ungkapnya.

Mengenai nasib si bayi, nantinya akan menjadi tanggung jawab dari Dinsos. Apabila ada warga yang ingin mengadopsi bayi itu, maka akan diberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain itu juga, Dinsos berhak memutuskan apabila nantinya bayi akan diserahkan ke panti sosial, hal yang demikian sepenuhnya menjadi kewenangan dinas.

BACA JUGA : Anjing Setia Menunggu Tuan Rumah yang Meninggal Terinfeksi Virus Corona!

Wanita berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) melahirkan di Cilacap bukan pertama kalinya terjadi di negeri ini. Sebelumnya, pada bulan Februari lalu kasus serupa ini juga terjadi di Kabupaten Tangerang.

Bayi yang dilahirkan oleh wanita dengan gangguang jiwa itu diserahkan ke Gedung Panti Sosial Jayanti, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang.

Ujat Sudrajat, Kepala Dinsos Kabupaten Tangerang menjelaskan bahwa awalnya menemukan seorang wanita dengan gangguan jiwa terlantar dalam keadaan berbadan dua. Lalu, pihaknya membawa wanita malang itu ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grogol, Jawa Barat.

Ibu dan anaknya, sekarang dirawat di Panti Sosial Jayanti dengan pengawasan dari tim medis Puskesmas Jayanti, ungkap Ujat pada Kamis (06/05/2020).

Ujat juga mengungkapkan bahwa petugas panti sosial belum dapat menyerahkan bayi kepada ibunya, sebab takut akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan kepada sang bayi. Namun, tim medis dari RSJ Grogol ini mengatakan bahwa sang ibu telah sembuh.

“Selama ini menyusui, terpaksa si bayi diberi susu botol. Kalau pakaian dan perlengkapan si bayi, ada banyak sumbangan yang sebagiannya dari jajaran Dinsos dan Dinkes Kabupaten Tangerang,” tambahnya.