Casino88 Online Slot99 Sbobet Slot Sbobet888 Joker1888 88bet Slot39 7mmbet Slot388 Joker138 Joker888

Berita Menarik Dan Unik Dari Dalam Dan Luar Negeri

Panduan

When I Was A Kid 3 buku karya seniman Malaysia samakan ART asal Indonesia dengan monyet

SAHMITRA – Pemerintah Malaysia mencekal buku berjudul When I Was A Kid 3 karya seniman asal Malaysia Boey Chee Ming karena didalamnya terdapat unsur penghinaan terhadap asisten rumah tangga atau ART berkewarganegaraan Indonesia. Pencekalan ini terjadi usai Organisasi non-pemerintah, Corong Rakyat, mengadakan unjuk rasa di luar kedutaan Malaysia di Jakarta pada bulan Juni untuk memprotes buku tersebut.

When I Was A Kid 3 adalah sebuah buku novel grafis tentang masa kecil Boey Chee Ming di Malaysia. Buku itu terbit tahun 2014 dan merupakan seri ketiga. Namun pada 15 September 2023 surat pencekalan terhadap buku tersebut diterbitkan. Menteri Dalam Negeri Malaysia menyatakan buku itu mengandung materi yang “mungkin merugikan moralitas”. Materi yang dimakdus adalah dalam sebuah bab salah satu karakter mengibaratkan pembantu rumah tangga asal Indonesia seperti monyet karena bisa memanjat pohon dengan cepat untuk memetik kelapa.

Boey Chee Ming, yang kini tinggal di Amerika Serikat, mengaku terkejut mengetahui bahwa bukunya dicekal oleh pemerintah Malaysia. Seniman berusia 45 tahun tersebut telah menyampaikan permintaan maaf melalui akun Instagramnya.

Niat saya bukan untuk menjelekkan tetapi untuk memuji kecepatan luar biasa yang dilakukan pekerja kami dalam memetik pohon kelapa – seperti monyet. Saya kembali ke pohon itu sendirian malam itu karena saya juga ingin melihat apakah saya bisa mengumpulkan pohon itu dengan kecepatan itu.” 

Saya sangat meminta maaf kepada pihak-pihak yang bersimpati dengan hal ini, dan orang-orang yang secara tidak sengaja saya sakiti,”

Perjalanan mendongeng ini sungguh luar biasa dan saya telah belajar banyak darinya. Naiknya pasti ada turunnya, dan ini adalah pelajaran yang akan saya pelajari.”

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan penempatan utama Pekerja Migran Indonesia (PMI). Jumlah PMI di Malaysia sejumlah 1,29 juta orang (BP2MI, 2022).  Dan kebanyakan PMI yang bekerja di Malaysia adalah PMI sektor domestik atau ART.