WHO: Kita Harus Hidup dengan Covid-19, Virus Itu Mungkin Tak Bakal Hilang

 

 

 

WHO mengeluarkan pernyataan baru tentang Virus Corona (COVID-19). Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), Virus Corona mungkin tidak akan pernah hilang.

Pernyataan itu diutarakan ditengah negara-negara didunia melonggarkan adanya aturan pembatasan wilayah atau lockdown.

Bahkan, WHO tersendiri mengatakan semua orang di dunia ini harus belajar hidup bersama virus tersebut.

“Kita memiliki virus baru yang memasuki populasi manusia untuk pertama kalinya dan oleh karena itu sangat sulit untuk diprediksi kapan kami akan mengatasinya,” kata Michael Ryan, direktur kedaruratan WHO.

“Virus ini mungkin hanya menjadi virus e

ndemik di komunitas kita dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang,” katanya dalam konferensi pers virtual di Jenewa.

Sudah terbukti, lebih dari setengah umat manusia telah dikunci sejak krisis Virus Corona dimulai. WHO juga sudah memberikan peringatan bahwa tidak ada cara untuk menjamin pelonggaran pembatasan tidak akan memicu gelombang infeksi kedua.
“Banyak negara ingin keluar dari langkah-langkah yang diterapkan. Tapi rekomendasi kami tetap waspada dengan tingkat setinggi mungkin di negara mana pun.” kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Michael Ryan menambahkan bahwa kita harus menempuh ‘jalan yang sangat-sangat jauh’ untuk kembali kepada keadaan normal.
“Ada beberapa pemikiran ajaib yang terjadi bahwa lockdown bekerja dengan sempurna dan bahwa melonggarkan lockdown akan sangat baik. Keduanya penuh dengan bahaya,” kata ahli
epidemiologi Irlandia tersebut.
Ryan juga mengutuk serangan terhadap petugas kesehatan terkait Virus Corona, mengatakan sudah lebih dari 35 insiden “cukup serius” yang tercatat pada bulan April di beberapa negara. Dirinya mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan reaksi berlebihan dari komunitas yang kurang informasi.
“Ini adalah tindakan kekerasan dan diskriminasi yang tidak masuk akal yang harus dilawan.”
Namun, pejabat WHO juga beranggapan pencarian vaksin merupakan sebuah kesempatan untuk umat manusia berperan di kehidupan dunia.
“Ini peluang besar bagi dunia,” kata Ryan.